Record Details

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyampaikan suatu konsep. Hal ini dikarenakan peran matematika sebagai bahasa simbolik yang memungkinkan terwujudnya komunikasi secara cermat dan tepat. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui perbedaan dan mana yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif  Inside Outside Circle (IOC) dengan menggunakan media CBC (Cube Beam Color) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian ini Quasy Experimental dan desain penelitian The Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri 24 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Samplingpada kelas VIII. Instrumen diberikan berupa tes uraian yang terdiri dari 3 soal dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil ini terlihat dari setelah dilakukan uji N-gaindiperoleh , dengan demikian  ditolak dan  diterima. Didapatkan nilai rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan untuk kelas eksperimen sebesar 70,12% kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 53,43% kategori sedang. Hasil pretest analisis statistik uji-t diperoleh hasil  adalah 0,798 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, sedangkan dari hasil posttest  diperolehadalah 0,003dengan demikian,  ditolak dan  diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dengan menggunakan media CBC (Cube Beam Color) dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konversional pada pokok bahasan kubus dan balok.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Khoiriyah, Ri’ayatul
Shodikin, Ali
Haryono, Heny Ekawati
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan
 
Summary, etc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyampaikan suatu konsep. Hal ini dikarenakan peran matematika sebagai bahasa simbolik yang memungkinkan terwujudnya komunikasi secara cermat dan tepat. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui perbedaan dan mana yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif  Inside Outside Circle (IOC) dengan menggunakan media CBC (Cube Beam Color) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian ini Quasy Experimental dan desain penelitian The Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri 24 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Samplingpada kelas VIII. Instrumen diberikan berupa tes uraian yang terdiri dari 3 soal dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil ini terlihat dari setelah dilakukan uji N-gaindiperoleh , dengan demikian  ditolak dan  diterima. Didapatkan nilai rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan untuk kelas eksperimen sebesar 70,12% kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 53,43% kategori sedang. Hasil pretest analisis statistik uji-t diperoleh hasil  adalah 0,798 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol, sedangkan dari hasil posttest  diperolehadalah 0,003dengan demikian,  ditolak dan  diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dengan menggunakan media CBC (Cube Beam Color) dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konversional pada pokok bahasan kubus dan balok.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1749
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##