Pada era digital ini perlunya pembaharuan dalam media ajar di kelas. Penelitian ini tentang pengembangan media pembelajaran berbasis android pada meteri bangun ruang sisi datar. Tujuan umum penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar dan melihat kelayakan dari media ajar berbasis android ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu R&D dengan model 4D. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah yang dilakukan pada tahun 2019. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara. Adapun hasil penelitian ini ialah a) Pengembangan media ajar android ini melawati tahapan 4D yaitu mulai define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran); b) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase 93,51% sehingga masuk dalam kategori sangat layak, dari ahli media media ajar berbasis android mendapatkan nilai 88,04%, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak, berdasarkan penilaian oleh praktisi yaitu guru matematika SMP secara keseluruhandiperoleh persentase 97,58% sehingga masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, pada hasil uji coba ke siswa diketahui bahwa seluruh pertanyaan mendapatkan “Respon Positif” dengan persentase ≥ 70% dengan rata-rata 95,3% berada pada kategori sangat layak.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Ayen Arsi Apriani, Fitri STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung |
|
Summary, etc. |
Pada era digital ini perlunya pembaharuan dalam media ajar di kelas. Penelitian ini tentang pengembangan media pembelajaran berbasis android pada meteri bangun ruang sisi datar. Tujuan umum penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar dan melihat kelayakan dari media ajar berbasis android ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu R&D dengan model 4D. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sungai Selan di Kabupaten Bangka Tengah yang dilakukan pada tahun 2019. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara. Adapun hasil penelitian ini ialah a) Pengembangan media ajar android ini melawati tahapan 4D yaitu mulai define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran); b) Berdasarkan penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase 93,51% sehingga masuk dalam kategori sangat layak, dari ahli media media ajar berbasis android mendapatkan nilai 88,04%, sehingga termasuk dalam kategori sangat layak, berdasarkan penilaian oleh praktisi yaitu guru matematika SMP secara keseluruhandiperoleh persentase 97,58% sehingga masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, pada hasil uji coba ke siswa diketahui bahwa seluruh pertanyaan mendapatkan “Respon Positif” dengan persentase ≥ 70% dengan rata-rata 95,3% berada pada kategori sangat layak.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1693 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 2 (2019): Inspiramatika, December 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|