Record Details

Rendahnya motivasi belajar dan keterampilan komputer siswa dalam pembelajaran matematika salah satunya disebabkan karena penerapan media pembelajaran yang masih jarang, sehingga perlu diadakan pemanfaatan media secara optimal. Komputer merupakan salah satu media pembelajaran dalam matematika yang dapat digunakan untuk penelitian ini. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi dan keterampilan komputer siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMAN 1 Astanajapura melalui desain One-Shot Case Study dengan sampel berjumlah 32 siswa dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) respon siswa terhadap penggunaan media komputer masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai prosentase sebesar 70,34%, (2) motivasi belajar siswa dalam belajar matematika masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai prosentase sebesar 74,77%, (3) keterampilan komputer siswa dalam belajar matematika masuk dalam kategori baik dengan nilai prosentse sebesar 73,06%, (4) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t antara variabel X dengan Y1 diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi belajar siswa, antara variabel X dengan Y2 diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,045 sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap keterampilan komputer siswa, antara variabel Y1 dengan Y2 diperoleh nilai signifikani lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,511 sehingga H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap keterampilan komputer siswa.Berdasakan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran bahwa perlu diadakannya pendidikan karakter yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa serta perlu inovasi dalam belajar melalui pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran, sehingga siswa mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan dalam menggunakan komputer.   Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Software Maple), Motivasi Belajar siswa, Keterampilan Komputer Siswa.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name agustiani, dita
iain syekhnurjati cirebon
 
Summary, etc. Rendahnya motivasi belajar dan keterampilan komputer siswa dalam pembelajaran matematika salah satunya disebabkan karena penerapan media pembelajaran yang masih jarang, sehingga perlu diadakan pemanfaatan media secara optimal. Komputer merupakan salah satu media pembelajaran dalam matematika yang dapat digunakan untuk penelitian ini. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi dan keterampilan komputer siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMAN 1 Astanajapura melalui desain One-Shot Case Study dengan sampel berjumlah 32 siswa dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) respon siswa terhadap penggunaan media komputer masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai prosentase sebesar 70,34%, (2) motivasi belajar siswa dalam belajar matematika masuk dalam kategori cukup baik dengan nilai prosentase sebesar 74,77%, (3) keterampilan komputer siswa dalam belajar matematika masuk dalam kategori baik dengan nilai prosentse sebesar 73,06%, (4) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t antara variabel X dengan Y1 diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap motivasi belajar siswa, antara variabel X dengan Y2 diperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,045 sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terhadap keterampilan komputer siswa, antara variabel Y1 dengan Y2 diperoleh nilai signifikani lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,511 sehingga H0 diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap keterampilan komputer siswa.Berdasakan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran bahwa perlu diadakannya pendidikan karakter yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa serta perlu inovasi dalam belajar melalui pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran, sehingga siswa mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan dalam menggunakan komputer.   Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Komputer (Software Maple), Motivasi Belajar siswa, Keterampilan Komputer Siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1583
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##