TurunanĀ merupakan salah satu bab dalam pembelajaran matematika yang didalamnya terdapat sub aplikasi turunan. Aplikasi turunan merupakan contoh materi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang diselesaikan dengan menggunkan ilmu matematika. Salah satu contohnya adalah dalam dunia industri, dimana suatu pabrik bisa menghitung pengeluaran yang minimal untuk memperoleh keuntungan yang besar. Dengan begitu terlihat bahwa aplikasi turunan sangat penting untuk dipelajari. Namun kenyataannya siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hal tersebut terlihat pada saat siswa diberikan soal masih belum bisa mengerjakan. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbeda-beda. Pada dasarnya masalah tersebut dapat diketahui sejak dini, salah satu caranya dengan melakukan tes sidik jari. Dari hasil pekerjaan siswa, peneliti terispirasi untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal, hal ini dilakukan untuk mencari solusi pembelajaran selanjutnya sehingga siswa bisa memahami materi aplikasi turunan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara menganalisis data yang ada untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal aplikasi turunan berdasarkan pola sidik jari. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan pola sidik jari Arches mampu memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir logis matematis yaitu mampu mengubah kedalam bentuk matematika dan dapat menjadikan pernyataan secara tertulis, lisan dan gambar. Kata kunci : berpikir logis matematis, pola sidik jari, aplikasi turunan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
WULANDARI, SRI DEVI UN PGRI KEDIRI |
|
Summary, etc. |
TurunanĀ merupakan salah satu bab dalam pembelajaran matematika yang didalamnya terdapat sub aplikasi turunan. Aplikasi turunan merupakan contoh materi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang diselesaikan dengan menggunkan ilmu matematika. Salah satu contohnya adalah dalam dunia industri, dimana suatu pabrik bisa menghitung pengeluaran yang minimal untuk memperoleh keuntungan yang besar. Dengan begitu terlihat bahwa aplikasi turunan sangat penting untuk dipelajari. Namun kenyataannya siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Hal tersebut terlihat pada saat siswa diberikan soal masih belum bisa mengerjakan. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbeda-beda. Pada dasarnya masalah tersebut dapat diketahui sejak dini, salah satu caranya dengan melakukan tes sidik jari. Dari hasil pekerjaan siswa, peneliti terispirasi untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal, hal ini dilakukan untuk mencari solusi pembelajaran selanjutnya sehingga siswa bisa memahami materi aplikasi turunan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara menganalisis data yang ada untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal aplikasi turunan berdasarkan pola sidik jari. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan pola sidik jari Arches mampu memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir logis matematis yaitu mampu mengubah kedalam bentuk matematika dan dapat menjadikan pernyataan secara tertulis, lisan dan gambar.
Kata kunci : berpikir logis matematis, pola sidik jari, aplikasi turunan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1486 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|