Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecenderungan strategi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, rendah, serta secara klasikal dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV dari empat metode yang sudah dipelajari.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik di MTs Salafiyah Menganti Gresik. Teknik pengumpulan datanya melalui tes 1 butir soal cerita dan wawancara yang dilakukan terhadap peserta didik terpilih berdasarkan hasil yang didapatkan, peserta didik terpilih yang termasuk ke dalam golongan kemampuan tinggi, sedang, rendah, dimana masing-masing dipilih dua peserta didik secara acak. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu instrumen penelitian diajukan kepada dua orang validator dengan tujuan agar instrumen penelitian dapat dikatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV secara umum cenderung menggunakan cara eliminasi, sedangkan secara khusus cenderung dengan menggunakan cara eliminasi varibael y saja dengan jumlah persentase sebanyak 35% dengan kriteria rendah. Persentase secara umum untuk masing-masing cara adalah (1) grafik 0% dengan kriteria kecenderungan sangat rendah, (2) substitusi 20% dengan kriteria sangat rendah, (3) eliminasi 65% dengan kriteria cukup, (4) campuran 15% dengan kriteria sangat rendah.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Musa, Mochammad Suprapti, Endang Soemantri, Sandha Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecenderungan strategi peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, rendah, serta secara klasikal dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV dari empat metode yang sudah dipelajari.Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 20 peserta didik di MTs Salafiyah Menganti Gresik. Teknik pengumpulan datanya melalui tes 1 butir soal cerita dan wawancara yang dilakukan terhadap peserta didik terpilih berdasarkan hasil yang didapatkan, peserta didik terpilih yang termasuk ke dalam golongan kemampuan tinggi, sedang, rendah, dimana masing-masing dipilih dua peserta didik secara acak. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu instrumen penelitian diajukan kepada dua orang validator dengan tujuan agar instrumen penelitian dapat dikatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV secara umum cenderung menggunakan cara eliminasi, sedangkan secara khusus cenderung dengan menggunakan cara eliminasi varibael y saja dengan jumlah persentase sebanyak 35% dengan kriteria rendah. Persentase secara umum untuk masing-masing cara adalah (1) grafik 0% dengan kriteria kecenderungan sangat rendah, (2) substitusi 20% dengan kriteria sangat rendah, (3) eliminasi 65% dengan kriteria cukup, (4) campuran 15% dengan kriteria sangat rendah.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1270 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|