Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Balikpapan tahun ajaran 2018/2019. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata nilai post-test antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) > α = 0,05 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) < α = 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa Project-Based Inquiry Learning (PIL) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Sari, Tri Hariyati Nur Indah
Khotimah, Husnul
Yuniarti, Suci
Universitas Balikpapan
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Balikpapan
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Balikpapan
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Balikpapan tahun ajaran 2018/2019. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata nilai post-test antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) > α = 0,05 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) < α = 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa Project-Based Inquiry Learning (PIL) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1236
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##