Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Balikpapan tahun ajaran 2018/2019. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata nilai post-test antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) > α = 0,05 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) < α = 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa Project-Based Inquiry Learning (PIL) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sari, Tri Hariyati Nur Indah Khotimah, Husnul Yuniarti, Suci Universitas Balikpapan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Balikpapan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Balikpapan |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Balikpapan tahun ajaran 2018/2019. Sampel untuk penelitian ini diambil dari dua kelas yang terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan terhadap rata-rata nilai post-test antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) > α = 0,05 sehingga H0 diterima. Hal ini berarti kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil analisis data kemampuan berpikir kreatif matematis menunjukkan nilai Sig. (1-tailed) < α = 0,05 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh Project-Based Inquiry Learning (PIL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa Project-Based Inquiry Learning (PIL) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1236 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|