Record Details

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan dan nilai kontribusi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara random menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari tiga puluh lima mahasiswa di kelas A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kecerdasan matematika dan tes penyelesaian masalah pembuktian pada mata kuliah logika matematika.  Pengumpulan data kecerdasan spiritual dan kecemasan matematika menggunakan instrumen angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  yang melibatkan metode korelasi dan regresi berganda untuk analisis data. Analisis data juga menggunakan korelasi kanonik untuk menemukan nilai kontribusi dan hubungan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap nilai penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Hasil penelitian dapat diringkas sebagai berikut. (1) terdapat hubungan positif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian. Nilai kontribusinya adalah 95,2%, (2) terhadap hubungan negatif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap kecemasan matematika. Nilai kontribusinya adalah 95,4%, (3) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Nilai korelasi kanonik sebesar 0,982 pada fungsi pertama. Selain itu, nilai square correlation sebesar 0,963 yang berarti bahwa kovariat variabel kanonik mampu  menunjukkan variasi sebesar 96,43% pada variabel kanonik terikat.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Maharani, Rizqona
IAIN KUDUS
 
Summary, etc. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan dan nilai kontribusi antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil secara random menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari tiga puluh lima mahasiswa di kelas A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kecerdasan matematika dan tes penyelesaian masalah pembuktian pada mata kuliah logika matematika.  Pengumpulan data kecerdasan spiritual dan kecemasan matematika menggunakan instrumen angket. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  yang melibatkan metode korelasi dan regresi berganda untuk analisis data. Analisis data juga menggunakan korelasi kanonik untuk menemukan nilai kontribusi dan hubungan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan matematis logis terhadap nilai penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Hasil penelitian dapat diringkas sebagai berikut. (1) terdapat hubungan positif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian. Nilai kontribusinya adalah 95,2%, (2) terhadap hubungan negatif secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap kecemasan matematika. Nilai kontribusinya adalah 95,4%, (3) terdapat hubungan yang signifikan secara simultan antara kecerdasan spiritual dan  kecerdasan matematis logis terhadap hasil penyelesaian masalah pembuktian dan kecemasan matematika. Nilai korelasi kanonik sebesar 0,982 pada fungsi pertama. Selain itu, nilai square correlation sebesar 0,963 yang berarti bahwa kovariat variabel kanonik mampu  menunjukkan variasi sebesar 96,43% pada variabel kanonik terikat.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1074
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##