Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis Learning Cycle (5E), mengetahui apakah LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan apakah dengan penggunaan LKS ini pemahaman konsep siswa bisa meningkat. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Prosedur yang dilakukan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa validasi ahli kepada 3 validator, soal tes dan angket. Teknik analisis data angket digunakan pada validasi ahli dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa. Hasil pengembangan LKS yaitu: (1) Berdasarkan hasil lembar validasi terhadap 3 validator diperoleh, ahli media sebesar 80% masuk ke dalam kategori sangat valid, ahli materi sebesar 80% masuk ke dalam kategori sangat valid, dan dari guru SMP diperoleh 90% masuk ke dalam kategori sangat valid. (2) Persentase hasil belajar siswa diperoleh sebesar 50%, selain itu persentase angket respon siswa diperoleh sebesar 71,56% dan masuk ke dalam kategori positif. (3) Hasil analisis terhadap indikator kemampuan pemahaman konsep diperoleh, indikator 1 diperoleh hasil sebesar 100%, indikator 2 diperoleh hasil sebesar 58,33%, indikator 3 diperoleh hasil sebesar 33,33%, indikator 4 diperoleh hasil sebesar 41,67%, indikator 5 diperoleh hasil sebesar 100%, indikator 6 diperoleh hasil sebesar 50%, dan indikator 7 diperoleh hasil sebesar 100%.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Santari, Dhita Murti Saputra, Wahyu Budi Wijayanti, Palupi Sri Universitas PGRI Yogyakarta Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Yogyakarta Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Yogyakarta |
|
Summary, etc. |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis Learning Cycle (5E), mengetahui apakah LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan apakah dengan penggunaan LKS ini pemahaman konsep siswa bisa meningkat. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Prosedur yang dilakukan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa validasi ahli kepada 3 validator, soal tes dan angket. Teknik analisis data angket digunakan pada validasi ahli dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan, sedangkan soal tes digunakan pada penilaian hasil belajar siswa.
Hasil pengembangan LKS yaitu: (1) Berdasarkan hasil lembar validasi terhadap 3 validator diperoleh, ahli media sebesar 80% masuk ke dalam kategori sangat valid, ahli materi sebesar 80% masuk ke dalam kategori sangat valid, dan dari guru SMP diperoleh 90% masuk ke dalam kategori sangat valid. (2) Persentase hasil belajar siswa diperoleh sebesar 50%, selain itu persentase angket respon siswa diperoleh sebesar 71,56% dan masuk ke dalam kategori positif. (3) Hasil analisis terhadap indikator kemampuan pemahaman konsep diperoleh, indikator 1 diperoleh hasil sebesar 100%, indikator 2 diperoleh hasil sebesar 58,33%, indikator 3 diperoleh hasil sebesar 33,33%, indikator 4 diperoleh hasil sebesar 41,67%, indikator 5 diperoleh hasil sebesar 100%, indikator 6 diperoleh hasil sebesar 50%, dan indikator 7 diperoleh hasil sebesar 100%.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
text/rtf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/908 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|