Record Details

Matematika merupakan pelajaran yang tidak disukai kebanyakan siswa. Hal ini, mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika. Oleh karena itu, agar terjadi optimalisasi hasil belajar matematika maka dibutuhkan bahan ajar yang interaktif dan inovatif. Pemanfaatan bahan ajar berbasis multimedia interaktif merupakan solusi alternatif yang diperlukan terhadap permasalahan tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengunaan bahan ajar berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika. Adapun hasil belajar matematika terukur meliputi ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuatitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mengunakan kelas VII di MTsN 8 Losari. Dengan Sampel penelitian kelas VII A secara random Sampling. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang mana diperoleh melalui tes matematika, kemudian dianalisis menggunakan uji linear regresi. didapat bahwa respon penggunaan multimedia interaktif berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 74%. Pada ranah afektif berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 74%. Sedangkan pada ranah psikomotorik berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 77,5%. selain itu, hasil nilai rata-rata pretest (33,22) dan posttest (85,84), maka didapat peningkatan sebesar 44%. Jika dilihat dari uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi; 1) pada hasil belajar ranah afektif, multimedia interaktif  mempengaruhi sebesar 15,5%, 2) hasil belajar ranah psikomotorik, multimedia mempengaruhi sebesar 15,8%, dan 3)  pada ranah kognitif multimedia mempengaruhi sebesar 11,4%. Hal ini, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap ketiga aspek hasil belajar matematika siswa

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Gufron, Ahmad
Darwan, Darwan
Winarso, Widodo
IAIN Syekh Nurjati Cirebon
IAIN Syekh Nurjati Cirebon
IAIN Syekh Nurjati Cirebon
https://orcid.org/0000-0002-8527-7660
http://orcid.org/0000-0002-8527-7660
 
Summary, etc. Matematika merupakan pelajaran yang tidak disukai kebanyakan siswa. Hal ini, mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika. Oleh karena itu, agar terjadi optimalisasi hasil belajar matematika maka dibutuhkan bahan ajar yang interaktif dan inovatif. Pemanfaatan bahan ajar berbasis multimedia interaktif merupakan solusi alternatif yang diperlukan terhadap permasalahan tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengunaan bahan ajar berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika. Adapun hasil belajar matematika terukur meliputi ranah afektif, psikomotorik dan kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuatitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mengunakan kelas VII di MTsN 8 Losari. Dengan Sampel penelitian kelas VII A secara random Sampling. Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang mana diperoleh melalui tes matematika, kemudian dianalisis menggunakan uji linear regresi. didapat bahwa respon penggunaan multimedia interaktif berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 74%. Pada ranah afektif berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 74%. Sedangkan pada ranah psikomotorik berada pada kategori baik dengan memperoleh persentase 77,5%. selain itu, hasil nilai rata-rata pretest (33,22) dan posttest (85,84), maka didapat peningkatan sebesar 44%. Jika dilihat dari uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi; 1) pada hasil belajar ranah afektif, multimedia interaktif  mempengaruhi sebesar 15,5%, 2) hasil belajar ranah psikomotorik, multimedia mempengaruhi sebesar 15,8%, dan 3)  pada ranah kognitif multimedia mempengaruhi sebesar 11,4%. Hal ini, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap ketiga aspek hasil belajar matematika siswa
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/889
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 2 (2018): Inspiramatika, December 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##