Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 01 Bakung yang berjumlah 32orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori rendah lebih banyak laki-laki, dan kategori sedang siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Sebaliknya tidak ada siswa laki-lakiyang memperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi. Setelah dianalisis dari jawaban siswa, menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Rahayu, Widya IAIN TULUNGAGUNG |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 01 Bakung yang berjumlah 32orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori rendah lebih banyak laki-laki, dan kategori sedang siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Sebaliknya tidak ada siswa laki-lakiyang memperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi. Setelah dianalisis dari jawaban siswa, menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/877 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 2 (2019): Inspiramatika, December 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|