Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 01 Bakung yang berjumlah 32orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran matematika.  Hasil penelitian ini ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori rendah lebih banyak laki-laki, dan kategori sedang siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Sebaliknya tidak ada siswa laki-lakiyang memperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi. Setelah dianalisis dari jawaban siswa, menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Rahayu, Widya
IAIN TULUNGAGUNG
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 01 Bakung yang berjumlah 32orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara terhadap siswa dan guru mata pelajaran matematika.  Hasil penelitian ini ditinjau dari perbedaan gender menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori rendah lebih banyak laki-laki, dan kategori sedang siswa perempuan lebih banyak daripada siswa laki-laki. Sebaliknya tidak ada siswa laki-lakiyang memperoleh peningkatan kemampuan representasi matematis pada kategori tinggi. Setelah dianalisis dari jawaban siswa, menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibanding dengan siswa laki-laki.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/877
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 2 (2019): Inspiramatika, December 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##