Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Suruh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh yang berjumlah 250 siswa. Dari populasi tersebut, sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (uji-t) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitasBerdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sampel berdistribusi nomal dan homogen, serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa.  

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Ardianti, Nia
IAIN Tulungagung
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Suruh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suruh yang berjumlah 250 siswa. Dari populasi tersebut, sampel yang digunakan adalah kelas VII D sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan rata-rata (uji-t) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitasBerdasarkan hasil analisis diketahui bahwa sampel berdistribusi nomal dan homogen, serta ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar matematika siswa.  
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/870
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 5 No 1 (2019): Inspiramatika, June 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##