Penelitian ini secara khusus bertujuan menganalisis kemampuan pembuktian matematis, untuk menganalisis kesulitan belajar ditinjau dari epistemologi mahasiswa pada materi geometri transformasi. Manfaat jangka panjang penelitian ini adalah dengan adanya kajian kesulitan belajar ditinjau dari epistemologi mahasiswa terkait pembuktian matematis pada matakuliah geometri transformasi, diharapkan dapat memberikan dorongan kepada dosen pengampu lainnya untuk lebih mengembangkan proses pembelajaran ataupun bahan ajar dalam upaya mengembangkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan subjek penelitian adalah 9 mahasiswa calon guru matematika Unswagati yang mengontrak mata kuliah geometri transformasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pembuktian matematis; (2) observasi; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Hasil penelitiaan diperoleh terdapat 5 macam kesulitan mahasiswa ditinjau dari epistemologi terkait mata kuiah geometri transformasi, yaitu a) kesulitan belajar terkait kesulitan dalam menerapkan konsep; b) kesulitan belajar terkait memvisualisasi objek geometri; c) kesulitan belajar terkait kesulitan menentukan prinsip; d) kesulitan belajar terkait memahami masalah dan e) terkait kesulitan dalam pembuktian matematis. Khusus dalam pembuktian matematis, mahasiswa mengalami kesulitan antara lain: tidak tahu bagaimana memulai konstruksi bukti, tidak dapat menggunakan definisi (konsep) dan prinsip yang sudah diketahui, dan cenderung memulai konstruksi bukti dengan apa yang harus dibuktikan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Sundawan, Mohammad Dadan Universitas Swadaya Gunung Djati |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini secara khusus bertujuan menganalisis kemampuan pembuktian matematis, untuk menganalisis kesulitan belajar ditinjau dari epistemologi mahasiswa pada materi geometri transformasi. Manfaat jangka panjang penelitian ini adalah dengan adanya kajian kesulitan belajar ditinjau dari epistemologi mahasiswa terkait pembuktian matematis pada matakuliah geometri transformasi, diharapkan dapat memberikan dorongan kepada dosen pengampu lainnya untuk lebih mengembangkan proses pembelajaran ataupun bahan ajar dalam upaya mengembangkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan subjek penelitian adalah 9 mahasiswa calon guru matematika Unswagati yang mengontrak mata kuliah geometri transformasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pembuktian matematis; (2) observasi; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Hasil penelitiaan diperoleh terdapat 5 macam kesulitan mahasiswa ditinjau dari epistemologi terkait mata kuiah geometri transformasi, yaitu a) kesulitan belajar terkait kesulitan dalam menerapkan konsep; b) kesulitan belajar terkait memvisualisasi objek geometri; c) kesulitan belajar terkait kesulitan menentukan prinsip; d) kesulitan belajar terkait memahami masalah dan e) terkait kesulitan dalam pembuktian matematis. Khusus dalam pembuktian matematis, mahasiswa mengalami kesulitan antara lain: tidak tahu bagaimana memulai konstruksi bukti, tidak dapat menggunakan definisi (konsep) dan prinsip yang sudah diketahui, dan cenderung memulai konstruksi bukti dengan apa yang harus dibuktikan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/868 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 1 (2018): Inspiramatika, June 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|