Record Details

Menurut hasil studi TIMSS tahun 2011 dan PISA tahun 2012 kemampuan komunikasi matematis siswa SMP masih sangat rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ialah dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada guru maupun siswa lainnya sehingga mampu melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian pada komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi metematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Design, yakni membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pagedangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII 5 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 6 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas kontrol menggunakan metode konvensional sedangkan di kelas eksperimen menggunakan metode penemuan terbimbing. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretes dan postes berupa soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata, yaitu uji mann-whitney. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Selain itu, sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Mutiarani, Mutiarani
Miranda, Zunia
Asri, Dinna Cilvia
Rahman, Bobbi
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Surya
 
Summary, etc. Menurut hasil studi TIMSS tahun 2011 dan PISA tahun 2012 kemampuan komunikasi matematis siswa SMP masih sangat rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ialah dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Metode penemuan terbimbing memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada guru maupun siswa lainnya sehingga mampu melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian pada komunikasi matematis siswa dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi metematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Design, yakni membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pagedangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII 5 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 6 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas kontrol menggunakan metode konvensional sedangkan di kelas eksperimen menggunakan metode penemuan terbimbing. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretes dan postes berupa soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata, yaitu uji mann-whitney. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Selain itu, sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/859
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##