Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menggunakan benda manipulatif. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada 32 siswa kelas V SD dengan subjek wawancara terdiri dari 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes akhir. Pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada siklus I dikatakan belum berhasil, karena belum memenuhi kriteria kentuntasan klasikal. Pada siklus II,kriteria keberhasilan sudah terpenuhi termasuk kriteria ketuntusan klasikal yaitu hasil tes akhir sebesar 84% yang melebihi dari KKM klasikal yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif dapat meningkatan pemahaman konsep geometri pada materi sifat-sifat bangun datar, dan (2) siswa senang selama pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Novianti, Anik Progam Studi Pendidikan Matematika FKIP Unisda |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menggunakan benda manipulatif. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada 32 siswa kelas V SD dengan subjek wawancara terdiri dari 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes akhir. Pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada siklus I dikatakan belum berhasil, karena belum memenuhi kriteria kentuntasan klasikal. Pada siklus II,kriteria keberhasilan sudah terpenuhi termasuk kriteria ketuntusan klasikal yaitu hasil tes akhir sebesar 84% yang melebihi dari KKM klasikal yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif dapat meningkatan pemahaman konsep geometri pada materi sifat-sifat bangun datar, dan (2) siswa senang selama pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/858 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|