Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menggunakan benda manipulatif. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada 32 siswa kelas V SD dengan subjek  wawancara terdiri dari 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes akhir. Pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada siklus I dikatakan belum berhasil, karena belum memenuhi kriteria kentuntasan klasikal. Pada siklus II,kriteria keberhasilan sudah terpenuhi termasuk kriteria ketuntusan klasikal yaitu hasil tes akhir sebesar 84% yang melebihi dari KKM klasikal yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif dapat meningkatan pemahaman konsep geometri pada materi sifat-sifat bangun datar, dan (2) siswa senang selama pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Novianti, Anik
Progam Studi Pendidikan Matematika FKIP Unisda
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu menggunakan benda manipulatif. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada 32 siswa kelas V SD dengan subjek  wawancara terdiri dari 4 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes akhir. Pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran pada siklus I dikatakan belum berhasil, karena belum memenuhi kriteria kentuntasan klasikal. Pada siklus II,kriteria keberhasilan sudah terpenuhi termasuk kriteria ketuntusan klasikal yaitu hasil tes akhir sebesar 84% yang melebihi dari KKM klasikal yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif dapat meningkatan pemahaman konsep geometri pada materi sifat-sifat bangun datar, dan (2) siswa senang selama pembelajaran dengan menggunakan benda manipulatif.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/858
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##