Kemampuan penalaran dan disposisi matematis merupakan kemampuan kognitif dan afektif yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara kemampuan awal matematis (KAM) siswa dan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Secara khusus, pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi abduktif-deduktif dan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian yang dilakukan merupakan desain penelitian eksperimental-kontrol tidak acak dengan pretes-postes. Analisis data penelitian dilakukan secara kuantitatif berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (tinggi, sedang, rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis dan pembelajaran yang memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Sedangkan dalam meningkatkan kemampuan disposisi matematis menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan dari interaksi KAM dan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran khususnya dalam peningkatan kemampuan penalaran, KAM siswa perlu diperhatikan. Sedangkan pada peningkatan disposisi matematis, faktor kemampuan awal matematis siswa tidak berpengaruh signifikan sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor lain yang berperan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Shodikin, Ali Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Darul Ulum |
|
Summary, etc. |
Kemampuan penalaran dan disposisi matematis merupakan kemampuan kognitif dan afektif yang perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat interaksi antara kemampuan awal matematis (KAM) siswa dan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Secara khusus, pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi abduktif-deduktif dan pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI di salah satu SMA di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Penelitian yang dilakukan merupakan desain penelitian eksperimental-kontrol tidak acak dengan pretes-postes. Analisis data penelitian dilakukan secara kuantitatif berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (tinggi, sedang, rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara kemampuan awal matematis dan pembelajaran yang memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Sedangkan dalam meningkatkan kemampuan disposisi matematis menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan dari interaksi KAM dan pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran khususnya dalam peningkatan kemampuan penalaran, KAM siswa perlu diperhatikan. Sedangkan pada peningkatan disposisi matematis, faktor kemampuan awal matematis siswa tidak berpengaruh signifikan sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor lain yang berperan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/857 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|