Makalah ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diaplikasikan dalam 3 tahap penelitian, yaitu tahap pendahuluan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Tahap pendahuluan meliputi analisis bahan ajar melalui studi literatur; merancang dan mengembangkan bahan ajar berbasis problem solving dengan strategi abduktif-deduktif; melakukan validasi bahan ajar oleh 4 orang ahli; dan melakukan revisi 1. Tahap uji coba kelompok kecil meliputi uji terbatas terhadap 6 mahasiswa yang dipilih secara acak sebagai pengguna produk dan melakukan revisi 2. Metode yang digunakan pada tahap kedua adalah metode eksperimen single one shot case study. Tahap uji lapangan meliputi pengujian produk yang dilakukan terhadap 15 mahasiswa peserta mata kuliah struktur aljabar tahun akademik 2015/2016, pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Uji lapangan ini menggunakan desain eksperimen before-after. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar validasi, pedoman wawancara, lembar skala respon mahasiswa, lembar penilaian kinerja bahan ajar, dan tes kemampuan pembuktian matematis. Hasil validasi 4 orang ahli menunjukkan bahwa bahan ajar struktur aljabar berbasis problem solving dengan strategi abduktif-deduktif berada pada kategori baik. Efektivitas penggunaan bahan ajar jika dilihat dari aspek kecepatan pemahaman materi, ketertarikan mahasiswa terhadap bahan ajar, kreativitas mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa, secara signifikan lebih baik daripada efektivitas pembelajaran tanpa bahan ajar. Sejalan dengan hal itu, efektivitas penggunaan bahan ajar dilihat dari peningkatan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar secara signifikan lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa sebelum menggunakan bahan ajar. Oleh karena itu, bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Lukman, Hamidah Suryani Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sukabumi |
|
Summary, etc. |
Makalah ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diaplikasikan dalam 3 tahap penelitian, yaitu tahap pendahuluan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Tahap pendahuluan meliputi analisis bahan ajar melalui studi literatur; merancang dan mengembangkan bahan ajar berbasis problem solving dengan strategi abduktif-deduktif; melakukan validasi bahan ajar oleh 4 orang ahli; dan melakukan revisi 1. Tahap uji coba kelompok kecil meliputi uji terbatas terhadap 6 mahasiswa yang dipilih secara acak sebagai pengguna produk dan melakukan revisi 2. Metode yang digunakan pada tahap kedua adalah metode eksperimen single one shot case study. Tahap uji lapangan meliputi pengujian produk yang dilakukan terhadap 15 mahasiswa peserta mata kuliah struktur aljabar tahun akademik 2015/2016, pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Uji lapangan ini menggunakan desain eksperimen before-after. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar validasi, pedoman wawancara, lembar skala respon mahasiswa, lembar penilaian kinerja bahan ajar, dan tes kemampuan pembuktian matematis. Hasil validasi 4 orang ahli menunjukkan bahwa bahan ajar struktur aljabar berbasis problem solving dengan strategi abduktif-deduktif berada pada kategori baik. Efektivitas penggunaan bahan ajar jika dilihat dari aspek kecepatan pemahaman materi, ketertarikan mahasiswa terhadap bahan ajar, kreativitas mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa, secara signifikan lebih baik daripada efektivitas pembelajaran tanpa bahan ajar. Sejalan dengan hal itu, efektivitas penggunaan bahan ajar dilihat dari peningkatan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar secara signifikan lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa sebelum menggunakan bahan ajar. Oleh karena itu, bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/855 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|