Record Details

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menemukan solusi guru dalam menilai secara idividu peserta didik secara otentik. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini berasal dari kajian pustaka hingga didapatkan perumusan masalah, pengumpulan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil kajian pustaka didapatkan tahap pembelajaran yang meliputi : 1) persiapan sebelum pembelajaran yang di dalamnya terdapat fase pengamatan, penetapan masalah, menalar masalah dan mencoba menemukan solusi; 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi fase memperagakan perannya (mengkomunikasi) yang telah dipersiapkan, mengamati dan mengevalusi setiap penampilan. Dengan demikian pembelajaran dengan mengkombinasikan antara pendekatan saintifik dan metode role playing akan mempermudah guru menilai individu dari 3 aspek penilaian pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Sasomo, Budi
Universitas Islam Darul Ulum
 
Summary, etc. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menemukan solusi guru dalam menilai secara idividu peserta didik secara otentik. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini berasal dari kajian pustaka hingga didapatkan perumusan masalah, pengumpulan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil kajian pustaka didapatkan tahap pembelajaran yang meliputi : 1) persiapan sebelum pembelajaran yang di dalamnya terdapat fase pengamatan, penetapan masalah, menalar masalah dan mencoba menemukan solusi; 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi fase memperagakan perannya (mengkomunikasi) yang telah dipersiapkan, mengamati dan mengevalusi setiap penampilan. Dengan demikian pembelajaran dengan mengkombinasikan antara pendekatan saintifik dan metode role playing akan mempermudah guru menilai individu dari 3 aspek penilaian pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/854
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##