Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menemukan solusi guru dalam menilai secara idividu peserta didik secara otentik. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini berasal dari kajian pustaka hingga didapatkan perumusan masalah, pengumpulan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil kajian pustaka didapatkan tahap pembelajaran yang meliputi : 1) persiapan sebelum pembelajaran yang di dalamnya terdapat fase pengamatan, penetapan masalah, menalar masalah dan mencoba menemukan solusi; 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi fase memperagakan perannya (mengkomunikasi) yang telah dipersiapkan, mengamati dan mengevalusi setiap penampilan. Dengan demikian pembelajaran dengan mengkombinasikan antara pendekatan saintifik dan metode role playing akan mempermudah guru menilai individu dari 3 aspek penilaian pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Sasomo, Budi Universitas Islam Darul Ulum |
|
Summary, etc. |
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menemukan solusi guru dalam menilai secara idividu peserta didik secara otentik. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini berasal dari kajian pustaka hingga didapatkan perumusan masalah, pengumpulan data, pembahasan, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil kajian pustaka didapatkan tahap pembelajaran yang meliputi : 1) persiapan sebelum pembelajaran yang di dalamnya terdapat fase pengamatan,
penetapan masalah, menalar masalah dan mencoba menemukan solusi; 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi fase memperagakan perannya (mengkomunikasi) yang telah dipersiapkan, mengamati dan mengevalusi setiap penampilan. Dengan demikian pembelajaran dengan mengkombinasikan antara pendekatan saintifik dan metode role playing akan mempermudah guru menilai individu dari 3 aspek penilaian pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/854 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 1 No 1 (2015): Inspiramatika, December 2015 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|