THE APPLICATION OF PROBLEM CENTERED LEARNING APPROACH TO ENHANCE THE ABILITY TO THINK LATERAL MATHEMATICAL OF STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
THE APPLICATION OF PROBLEM CENTERED LEARNING APPROACH TO ENHANCE THE ABILITY TO THINK LATERAL MATHEMATICAL OF STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL |
|
Personal Name |
Sari, Ayen Arsi STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG |
|
Summary, etc. |
PENERAPAN PENDEKTAN PROBLEM CENTERED LERANING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL MATEMATIS SISWA DI SMP
Ayen Arsisari, M.Pd
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Jl. KH. Ahmad Dahlan KM 4 Pangkalanbaru, Ayenarsisari@yahoo.co.id
ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir lateral matematis siswa SMP dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan PCL (Problem Centered Learning) dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok control non-equivalent design menggunakan teknik Purposive Sampling dengan mengambil subjek penelitian adalah siswa salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas eskperimen dengan jumlah 34 siswa dan siswa kelas kontrol dengan jumlah 34. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan berpikir lateral matematis dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis siswa yang memperoleh pendekatan PCL lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelejaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PCL ditinjau dari kemampuan awal matematis (tinggi, sedang, rendah); (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PCL, Konvensional) dan KAM (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis siswa;
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/847 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 1 (2018): Inspiramatika, June 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|