Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan yang paling banyak dilakukan (dominan) siswa kelas X SMA Katolik Rantepao dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri berdasarkan kriteria kesalahan Watson, 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri untuk tiap kategori kesalahan Watson. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode Studi Kasus (Case Study). Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa saat mengerjakan soal perbandingan trigonometri adalah kesalahan kategori above other/ao dengan persentase 21,28%, kemudian kesalahan selanjutnya adalah kesalahan kategori inappropriate data/id dengan persentase 19,1%, dilanjutkan dengan kesalahan kategori response level conflict/rlc sebesar 17,02%, selanjutnya kesalahan kategori inappropriate procedure/ip dan kesalahan undirect manipulation/um dengan persentase yang sama, yaitu 12,8% , kemudian jenis kesalahan yang juga memiliki tingkat persentase yang sama yaitu 8,5% adalah kesalahan kategori omitted data/od dan kesalahan kategori omitted conclusion/oc. Faktor penyebab untuk masing-masing jenis kesalahan di sajikan dalam pembahasan dan kesimpulan.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Palayukan, Hersiyati Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UKI Toraja |
|
Summary, etc. |
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan yang paling banyak dilakukan (dominan) siswa kelas X SMA Katolik Rantepao dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri berdasarkan kriteria kesalahan Watson, 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri untuk tiap kategori kesalahan Watson. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode Studi Kasus (Case Study). Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa saat mengerjakan soal perbandingan trigonometri adalah kesalahan kategori above other/ao dengan persentase 21,28%, kemudian kesalahan selanjutnya adalah kesalahan kategori inappropriate data/id dengan persentase 19,1%, dilanjutkan dengan kesalahan kategori response level conflict/rlc sebesar 17,02%, selanjutnya kesalahan kategori inappropriate procedure/ip dan kesalahan undirect manipulation/um dengan persentase yang sama, yaitu 12,8% , kemudian jenis kesalahan yang juga memiliki tingkat persentase yang sama yaitu 8,5% adalah kesalahan kategori omitted data/od dan kesalahan kategori omitted conclusion/oc. Faktor penyebab untuk masing-masing jenis kesalahan di sajikan dalam pembahasan dan kesimpulan.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/525 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 1 (2018): Inspiramatika, June 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|