Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama akurat untuk setiap informasi yang disampaikan. Keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta menggunakan aturan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika sedang adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali melakukan perhitungan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali membuatkan gambar/sketsa dan melakukan perhitungan. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama lancar. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah tidak lancar.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Asmana, Arezqi Tunggal
Universitas Islam Darul Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama akurat untuk setiap informasi yang disampaikan. Keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta menggunakan aturan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika sedang adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali melakukan perhitungan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali membuatkan gambar/sketsa dan melakukan perhitungan. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama lancar. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah tidak lancar.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/524
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 1 (2018): Inspiramatika, June 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##