Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama akurat untuk setiap informasi yang disampaikan. Keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta menggunakan aturan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika sedang adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali melakukan perhitungan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali membuatkan gambar/sketsa dan melakukan perhitungan. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama lancar. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah tidak lancar.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Asmana, Arezqi Tunggal Universitas Islam Darul Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematika tertulis dalam pemecahan masalah matematika di SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data utama tentang keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran komunikasi matematika tertulis berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama akurat untuk setiap informasi yang disampaikan. Keakuratan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah akurat untuk menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanya serta menggunakan aturan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah lengkap untuk setiap informasi yang disampaikan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika sedang adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali melakukan perhitungan. Kelengkapan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah lengkap untuk informasi yang disampaikan kecuali membuatkan gambar/sketsa dan melakukan perhitungan. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang adalah sama-sama lancar. Kelancaran komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika rendah adalah tidak lancar.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/524 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 4 No 1 (2018): Inspiramatika, June 2018 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|