Record Details

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa serta penggunaan model dan media pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs. Putra-Putri Simo dari kelas VII pada materi segitiga dengan sampel 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas sebaran, uji homogenitas sampel, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Rosa, Elvira
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Darul ‘Ulum
 
Summary, etc. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa serta penggunaan model dan media pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs. Putra-Putri Simo dari kelas VII pada materi segitiga dengan sampel 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas sebaran, uji homogenitas sampel, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/419
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 1 (2017): Inspiramatika, June 2017
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##