Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa serta penggunaan model dan media pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs. Putra-Putri Simo dari kelas VII pada materi segitiga dengan sampel 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas sebaran, uji homogenitas sampel, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
Rosa, Elvira Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Darul ‘Ulum |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa serta penggunaan model dan media pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di MTs. Putra-Putri Simo dari kelas VII pada materi segitiga dengan sampel 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest kemampuan pemahaman matematis. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji normalitas sebaran, uji homogenitas sampel, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) menggunakan media petak warna-warni dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/419 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 1 (2017): Inspiramatika, June 2017 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|