Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa ditinjau dari tingkat rasa percaya diri mahasiswa pada mata kuliah dasar proses pembelajaran matematika khususnya mahasiswa semester III kelas B Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Data hasil angket digunakan untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri mahasiswa. Dari hasil angket tersebut kemudian sebagai dasar pengelompokan mahasiswa. Data dokumentasi yaitu berupa RPP hasil pekerjaan mahasiswa dan foto kegiatan. Dari RPP mahasiswa tersebut kemudian dianalisis sehingga diperoleh kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam pembuatan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) responden yang memiliki rasa percaya diri rendah cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dan kelengkapan unsur-unsur RPP, (2) responden yang memiliki rasa percaya diri sedang cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dari masing-masing unsur RPP, dan (3) responden yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menuliskan dan isi dari semua unsur RPP telah sesuai.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Kusuma, Anggun Badu Gunawan, Gunawan Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa ditinjau dari tingkat rasa percaya diri mahasiswa pada mata kuliah dasar proses pembelajaran matematika khususnya mahasiswa semester III kelas B Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari angket dan dokumentasi. Data hasil angket digunakan untuk mengetahui tingkat rasa percaya diri mahasiswa. Dari hasil angket tersebut kemudian sebagai dasar pengelompokan mahasiswa. Data dokumentasi yaitu berupa RPP hasil pekerjaan mahasiswa dan foto kegiatan. Dari RPP mahasiswa tersebut kemudian dianalisis sehingga diperoleh kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam pembuatan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) responden yang memiliki rasa percaya diri rendah cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dan kelengkapan unsur-unsur RPP, (2) responden yang memiliki rasa percaya diri sedang cenderung mengalami kesalahan dalam bentuk isi dari masing-masing unsur RPP, dan (3) responden yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung mampu menuliskan dan isi dari semua unsur RPP telah sesuai.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/417 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|