Keefektifan penggunaan alat peraga manipulatif masih menjadi perdebatan di kalangan pendidik matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan persepsi mahasiswa calon guru terhadap penggunaan alat peraga manipulatif dalam praktik mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengungkap persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika terhadap aspek keefektifan alat peraga manipulatif, aspek siswa, aspek materi, dan aspek strategi pembelajaran melalui pemberian angket dan wawancara. Subjek penelitian juga terlibat dalam pembuatan alat peraga serta menggunakannya dalam serangkaian sesi peer teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 83,3% responden percaya bahwa penggunaan alat peraga manipulatif efektif membantu siswa memahami konsep matematika. Sebanyak 50% mahasiswa percaya semua siswa, baik dengan kemampuan pemahaman konsep rendah maupun tinggi, memerlukan pembelajaran yang memanfaatkan alat peraga manipulatif. Namun demikian, hanya 20,8% yang berpendapat bahwa semua materi matematika dapat diajarkan dengan menggunakan alat peraga manipulatif dan sebanyak 62,5% mahasiswa berpendapat bahwa perlu strategi khusus membelajarkan matematika menggunakan alat peraga manipulatif. Persepsi tersebut meneguhkan kedudukan alat peraga manipulatif sebagai kajian yang potensial untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran matematika.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Istiandaru, Afit Istihapsari, Vita Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan |
|
Summary, etc. |
Keefektifan penggunaan alat peraga manipulatif masih menjadi perdebatan di kalangan pendidik matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan persepsi mahasiswa calon guru terhadap penggunaan alat peraga manipulatif dalam praktik mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengungkap persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika terhadap aspek keefektifan alat peraga manipulatif, aspek siswa, aspek materi, dan aspek strategi pembelajaran melalui pemberian angket dan wawancara. Subjek penelitian juga terlibat dalam pembuatan alat peraga serta menggunakannya dalam serangkaian sesi peer teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 83,3% responden percaya bahwa penggunaan alat peraga manipulatif efektif membantu siswa memahami konsep matematika. Sebanyak 50% mahasiswa percaya semua siswa, baik dengan kemampuan pemahaman konsep rendah maupun tinggi, memerlukan pembelajaran yang memanfaatkan alat peraga manipulatif. Namun demikian, hanya 20,8% yang berpendapat bahwa semua materi matematika dapat diajarkan dengan menggunakan alat peraga manipulatif dan sebanyak 62,5% mahasiswa berpendapat bahwa perlu strategi khusus membelajarkan matematika menggunakan alat peraga manipulatif. Persepsi tersebut meneguhkan kedudukan alat peraga manipulatif sebagai kajian yang potensial untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran matematika.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/416 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|