Record Details

Keefektifan penggunaan alat peraga manipulatif masih menjadi perdebatan di kalangan pendidik matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan persepsi mahasiswa calon guru terhadap penggunaan alat peraga manipulatif dalam praktik mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengungkap persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika terhadap aspek keefektifan alat peraga manipulatif, aspek siswa, aspek materi, dan aspek strategi pembelajaran melalui pemberian angket dan wawancara. Subjek penelitian juga terlibat dalam pembuatan alat peraga serta menggunakannya dalam serangkaian sesi peer teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 83,3% responden percaya bahwa penggunaan alat peraga manipulatif efektif membantu siswa memahami konsep matematika. Sebanyak 50% mahasiswa percaya semua siswa, baik dengan kemampuan pemahaman konsep rendah maupun tinggi, memerlukan pembelajaran yang memanfaatkan alat peraga manipulatif. Namun demikian, hanya 20,8% yang berpendapat bahwa semua materi matematika dapat diajarkan dengan menggunakan alat peraga manipulatif dan sebanyak 62,5%  mahasiswa berpendapat bahwa perlu strategi khusus membelajarkan matematika menggunakan alat peraga manipulatif. Persepsi tersebut meneguhkan kedudukan alat peraga manipulatif sebagai kajian yang potensial untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran matematika.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Istiandaru, Afit
Istihapsari, Vita
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Ahmad Dahlan
 
Summary, etc. Keefektifan penggunaan alat peraga manipulatif masih menjadi perdebatan di kalangan pendidik matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan persepsi mahasiswa calon guru terhadap penggunaan alat peraga manipulatif dalam praktik mengajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengungkap persepsi mahasiswa program studi pendidikan matematika terhadap aspek keefektifan alat peraga manipulatif, aspek siswa, aspek materi, dan aspek strategi pembelajaran melalui pemberian angket dan wawancara. Subjek penelitian juga terlibat dalam pembuatan alat peraga serta menggunakannya dalam serangkaian sesi peer teaching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 83,3% responden percaya bahwa penggunaan alat peraga manipulatif efektif membantu siswa memahami konsep matematika. Sebanyak 50% mahasiswa percaya semua siswa, baik dengan kemampuan pemahaman konsep rendah maupun tinggi, memerlukan pembelajaran yang memanfaatkan alat peraga manipulatif. Namun demikian, hanya 20,8% yang berpendapat bahwa semua materi matematika dapat diajarkan dengan menggunakan alat peraga manipulatif dan sebanyak 62,5%  mahasiswa berpendapat bahwa perlu strategi khusus membelajarkan matematika menggunakan alat peraga manipulatif. Persepsi tersebut meneguhkan kedudukan alat peraga manipulatif sebagai kajian yang potensial untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran matematika.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/416
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##