Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal TIMSS bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Banyubiru Kabupaten Semarang. Lapisan pemahaman meliputi 8 lapisan, yaitu Primitive Knowing (Pk), Image Making (Im), Image Having (Ih), Property Noticing (Pn), Formalising (F), Observing (O), Structuring (S), dan Inventising (Iv). Subjek dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh 5 siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Banyubiru. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik sifat-sifat geometris dari sudut dan bentuk geometri, 80% subjek menggunakan lapisan F, serta 20% subjek lainnya menggunakan lapisan Ih; 2) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik kongkruen dan kesebangunan, 60% subjek menggunakan lapisan Iv, 40% subjek lainnya menggunakan lapisan O; 3) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik hubungan antara bentuk tiga dimensi dan dua dimensi, 80% subjek menggunakan lapisan Iv, 20% subjek lainnya menggunakan lapisan Pn; 4) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik menggunakan rumus pengukuran yang sesuai untuk mencari panjang sisi, keliling, luas, luas permukaan, dan volume, 100% subjek menggunakan lapisan Iv.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Cahyati, Antika Muning Dewi Kriswandani, Kriswandani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana |
|
Summary, etc. |
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan lapisan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal TIMSS bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Banyubiru Kabupaten Semarang. Lapisan pemahaman meliputi 8 lapisan, yaitu Primitive Knowing (Pk), Image Making (Im), Image Having (Ih), Property Noticing (Pn), Formalising (F), Observing (O), Structuring (S), dan Inventising (Iv). Subjek dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh 5 siswa kelas VIII di SMP Negeri 02 Banyubiru. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik sifat-sifat geometris dari sudut dan bentuk geometri, 80% subjek menggunakan lapisan F, serta 20% subjek lainnya menggunakan lapisan Ih; 2) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik kongkruen dan kesebangunan, 60% subjek menggunakan lapisan Iv, 40% subjek lainnya menggunakan lapisan O; 3) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik hubungan antara bentuk tiga dimensi dan dua dimensi, 80% subjek menggunakan lapisan Iv, 20% subjek lainnya menggunakan lapisan Pn; 4) untuk menyelesaikan soal TIMSS dengan topik menggunakan rumus pengukuran yang sesuai untuk mencari panjang sisi, keliling, luas, luas permukaan, dan volume, 100% subjek menggunakan lapisan Iv.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/415 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|