Record Details

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan penalaaran deduktif mahasiswa pada materi ruang vektor. Kemampuan penalaran deduktif mahasiswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam perkuliahan matematika. Penalaran deduktif adalah proses berfikir yang berawal dari pembuktian pernyataan-pernyataan khusus untuk diambil suatu kesimpulan secara general. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualititatif. Penelitian dilakukan pada semester gasal di program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes penalaran deduktif. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dengan dua macam yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan mencari rata-rata, modus, dan persentase kelulusan kompetensi mahasiswa. pengolahan data kualitatif dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif ke indikator penalaran deduktif sehingga diperoleh kategosisasi kemampuan penalaran deduktif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan penalaran deduktif mahasiswa pada materi ruang vektor adalah 21% berada pada kategori rendah, 46% berkategori sedang, dan 33% berkategori tinggi.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name Wijayanti, Palupi Sri
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPY
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan penalaaran deduktif mahasiswa pada materi ruang vektor. Kemampuan penalaran deduktif mahasiswa perlu dikembangkan untuk memberikan pengalaman dalam membuktikan suatu teorema yang sering ditemukan dalam perkuliahan matematika. Penalaran deduktif adalah proses berfikir yang berawal dari pembuktian pernyataan-pernyataan khusus untuk diambil suatu kesimpulan secara general. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualititatif. Penelitian dilakukan pada semester gasal di program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes penalaran deduktif. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dengan dua macam yaitu kualitatif dan kuantitatif. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan mencari rata-rata, modus, dan persentase kelulusan kompetensi mahasiswa. pengolahan data kualitatif dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif ke indikator penalaran deduktif sehingga diperoleh kategosisasi kemampuan penalaran deduktif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan penalaran deduktif mahasiswa pada materi ruang vektor adalah 21% berada pada kategori rendah, 46% berkategori sedang, dan 33% berkategori tinggi.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/414
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##