Record Details

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Generative Learning dengan Performance Assessment yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan dan penerapan pada materi kubus dan balok sehingga menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan pembelajaran yang efektif serta mengacu pada model 4-D. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran (1) perangkat pembelajaran valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 4,74, RPP 4,58, Buku Siswa 4,81, LKS 4,73, dan TKBK 4,36 (2) perangkat pembelajaran praktis dengan (a) respon siswa mencapai 82%, dan (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 89,25. (3) proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan (a) TKBK mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 70, serta  proporsi siswa yang mendapatkan nilai minimal sama dengan 70 sebanyak 79,5%, (b) rata-rata TKBK kelas uji coba perangkat lebih baik daripada kelas kontrol, dan (c) sikap dan keterampilan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap TKBK sebesar 62,3%. Jadi dapat disimpulkan memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Added Entry - Uncontrolled Name Anisa, Tutut Widiastuti
Masrukan, Masrukan
Dwijanto, Dwijanto
Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang
Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang
 
Summary, etc. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Generative Learning dengan Performance Assessment yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: pendahuluan, pemfokusan, tantangan dan penerapan pada materi kubus dan balok sehingga menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan pembelajaran yang efektif serta mengacu pada model 4-D. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran (1) perangkat pembelajaran valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 4,74, RPP 4,58, Buku Siswa 4,81, LKS 4,73, dan TKBK 4,36 (2) perangkat pembelajaran praktis dengan (a) respon siswa mencapai 82%, dan (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 89,25. (3) proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan (a) TKBK mencapai KKM yang sudah ditentukan yaitu 70, serta  proporsi siswa yang mendapatkan nilai minimal sama dengan 70 sebanyak 79,5%, (b) rata-rata TKBK kelas uji coba perangkat lebih baik daripada kelas kontrol, dan (c) sikap dan keterampilan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap TKBK sebesar 62,3%. Jadi dapat disimpulkan memenuhi valid perangkat, praktis penggunaan dan efektif pembelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/413
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 2 (2017): Inspiramatika, December 2017
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##