Record Details

Artikel ini membahas tentang metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika. Metakognisi sebagai proses seseorang berpikir tentang berpikir dalam rangka membangun strategi untuk memecahkan masalah. Metakognisi dapat dilihat dari aktivitas seperti merencanakan bagaimana pendekatan yang diberikan dalam tugas-tugas pembelajaran, memonitor kemampuan dan mengevaluasi rencana dalam rangka melaksanakan tugas. Beberapa langkah untuk mengembangkan metakognisi diantaranya: mengidentifikasi “apa yang kau ketahui” dan “apa yang kau tidak ketahui”, berbicara tentang berpikir, membuat jurnal berpikir, membuat perencanaan dan regulasi diri, melaporkan kembali proses berpikir, dan evaluasi diri.

INSPIRAMATIKA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2579-9061
2477-278X
 
Authentication Code dc
 
Personal Name ZAKIAH, NUR EVA
FKIP Unigal Ciamis
 
Summary, etc. Artikel ini membahas tentang metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika. Metakognisi sebagai proses seseorang berpikir tentang berpikir dalam rangka membangun strategi untuk memecahkan masalah. Metakognisi dapat dilihat dari aktivitas seperti merencanakan bagaimana pendekatan yang diberikan dalam tugas-tugas pembelajaran, memonitor kemampuan dan mengevaluasi rencana dalam rangka melaksanakan tugas. Beberapa langkah untuk mengembangkan metakognisi diantaranya: mengidentifikasi “apa yang kau ketahui” dan “apa yang kau tidak ketahui”, berbicara tentang berpikir, membuat jurnal berpikir, membuat perencanaan dan regulasi diri, melaporkan kembali proses berpikir, dan evaluasi diri.
 
Publication, Distribution, Etc. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/192
 
Data Source Entry INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 1 (2017): Inspiramatika, June 2017
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note ##submission.copyrightStatement##