Artikel ini membahas tentang metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika. Metakognisi sebagai proses seseorang berpikir tentang berpikir dalam rangka membangun strategi untuk memecahkan masalah. Metakognisi dapat dilihat dari aktivitas seperti merencanakan bagaimana pendekatan yang diberikan dalam tugas-tugas pembelajaran, memonitor kemampuan dan mengevaluasi rencana dalam rangka melaksanakan tugas. Beberapa langkah untuk mengembangkan metakognisi diantaranya: mengidentifikasi “apa yang kau ketahui” dan “apa yang kau tidak ketahui”, berbicara tentang berpikir, membuat jurnal berpikir, membuat perencanaan dan regulasi diri, melaporkan kembali proses berpikir, dan evaluasi diri.
INSPIRAMATIKA
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2579-9061 2477-278X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Personal Name |
ZAKIAH, NUR EVA FKIP Unigal Ciamis |
|
Summary, etc. |
Artikel ini membahas tentang metakognisi siswa dalam pembelajaran matematika.
Metakognisi sebagai proses seseorang berpikir tentang berpikir dalam rangka membangun strategi
untuk memecahkan masalah. Metakognisi dapat dilihat dari aktivitas seperti merencanakan bagaimana
pendekatan yang diberikan dalam tugas-tugas pembelajaran, memonitor kemampuan dan mengevaluasi
rencana dalam rangka melaksanakan tugas. Beberapa langkah untuk mengembangkan metakognisi
diantaranya: mengidentifikasi “apa yang kau ketahui” dan “apa yang kau tidak ketahui”, berbicara
tentang berpikir, membuat jurnal berpikir, membuat perencanaan dan regulasi diri, melaporkan
kembali proses berpikir, dan evaluasi diri.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Darul Ulum |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/192 |
|
Data Source Entry |
INSPIRAMATIKA; Vol 3 No 1 (2017): Inspiramatika, June 2017 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
##submission.copyrightStatement## |
|