PELATIHAN SEMPOA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERHITUNG DI SD KEDUNG PANDAN DAN MI MA’ARIF NU ALFATAH JABON SIDOARJO
Community Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PELATIHAN SEMPOA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERHITUNG DI SD KEDUNG PANDAN DAN MI MA’ARIF NU ALFATAH JABON SIDOARJO
|
|
Creator |
Nafiah, Nafiah
Hartatik, Sri |
|
Subject |
Sempoa Jari
Berhitung, Sekolah Dasar |
|
Description |
Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan untuk kemampuan siswa dalam berhitung menggunakan sempoa jari. Sempoa jari merupakan suatu teknik berhitung dengan menggunakan jari kanan dan jari kiri. Metode pengabdian masyarakat ini melalui 3 (tiga) langkah: Pra kegiatan, (rapat strategi pelaksanaan, survey tempat, menyiapkan sarana dan prasarana), pelaksanaan kegiatan, dan pasca kegiatan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini siswa lebih termotivasi untuk berhitung dengan menggunakan sempoa jari. Kemampuan siswa dalam berhitung di SDN Kedung Pandan 1 dan MI Ma’arif NU Alfatah Jabon Sidoarjo sebelum dilakukan pelatihan sempoa di kedua sekolah tersebut kemampuan menghitung siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata 41.3 setelah dilakukan pelatihan di kedua sekolah tersebut nilai berhitung siswa rata- rata menjadi 71.9. Siswa sangat termotivasi dengan pelatihan sempoa jari, antusias mereka sangat tinggi.
|
|
Publisher |
UNUSA Press
|
|
Date |
2018-03-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CDJ/article/view/335
10.33086/cdj.v1i2.335 |
|
Source |
Community Development Journal; Vol. 1 No. 2 (2018): Community Development Journal
Community Development Journal; Vol 1 No 2 (2018): Community Development Journal 2580-5290 2580-5282 10.33086/cdj.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CDJ/article/view/335/296
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Nafiah Nafiah, Sri Hartatik
|
|