Record Details

Agen Otonom Untuk Ketepatan Penembakan Pada Game Roket Berbasis Ant Colony Optimization

Applied Technology and Computing Science Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Agen Otonom Untuk Ketepatan Penembakan Pada Game Roket Berbasis Ant Colony Optimization
 
Creator Sukmana, Septian Enggar
Rahayu, Ely Nur
 
Subject ant colony optimization
game
simulasi game
agen otomatis
 
Description ACO berbasis klasifikasi diterapkan pada game Rocket Tank untuk membantu karakter rocket dalam menembak target (tower) secara tepat. Pada paper ini, roket berfungsi sebagai sarang semut dan tower sebagai sumber makanan. Agen semut dijalankan secara acak dan berjalan menemukan sumber makanan. Sumber makanan yang ditemukan didefinsikan sebagai target yang harus ditembak, dasar dari penentuan sumber makanan adalah jumlah bobot feromon yang terkumpul tanpa nilai jarak. Implementasi yang dilakukan pada paper ini adalah membandingkan penerapan ACO berbasis klasifikasi (melibatkan bobot feromon pada sumber makanan) dengan ACO state-of-the art dengan hasil pada 100 kali iterasi adalah ACO berbasis klasifikasi mampu menembak secara tepat pada sasaran dibandingkan dengan ACO state-of-the art dengan peningkatan jumlah tembakan yang lebih banyak pada ACO berbasis klasifikasi dibandingkan ACO state-of-the art.
 
Publisher Unusa Press
 
Date 2020-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/ATCSJ/article/view/1587
10.33086/atcsj.v3i1.1587
 
Source Applied Technology and Computing Science Journal; Vol. 3 No. 1 (2020): June; 58-63
TEKNOLOGI DITERAPKAN DAN JURNAL SAINS KOMPUTER; Vol 3 No 1 (2020): June; 58-63
2621-4474
2621-4458
10.33086/atcsj.v3i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/ATCSJ/article/view/1587/1184
 
Rights Copyright (c) 2020 Septian Enggar Sukmana, Ely Nur Rahayu
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0