Pendidikan Ramah Gender; Telaah Pemikiran Etin Anwar Tentang Kesetaraan Gender pada Lembaga Pendidikan Islam
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Ramah Gender; Telaah Pemikiran Etin Anwar Tentang Kesetaraan Gender pada Lembaga Pendidikan Islam
|
|
Creator |
Syaifudin, Mochamad
|
|
Subject |
Pendidikan Ramah Gender
Etin Anwar Lembaga Pendidikan Islam |
|
Description |
Dalam dunia Pendidikan isu kesetaraan gender terutama pada Lembaga Pendidikan Islam masih relevan diperpincangkan. Penggunaan istilah ustadz, ustadzah, pak guru bu guru, siswa dan siswi, merupakan konsep awal pelabelan yang darinya peran dalam ruang public mulai dibedakan, bukan karena pertimbangan kompetensi tetapi lebih dominan disebabkan faktor perbedaan jenis kelamin, yang merupakan pemberian dari Tuhan. Etin Anwar menawarkan agar paradigma gender hirerarkis dirubah menjadi paradigma kesetaraan gender, sehingga dari sini pembagian peran terutama di ruang publik dalam hal ini Lembaga Pendididan Islam terdistribusi secara proporsional sehingga pembagian peran itu bukan lagi semata didasarkan pada perbedaan jenis kelamin yang sudah diberikan oleh Tuhan tapi berdasarkan kompetensi yang diusahakan yang bersangkutan. Dengan ini penempatan seseorang pada peran tertentu sangat sesuai dan kredibel.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2021-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/128
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 4 No 1 (2021): Maret; 54-73
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/128/110
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 QUDWATUNA
|
|