Record Details

Pendidikan Ramah Gender; Telaah Pemikiran Etin Anwar Tentang Kesetaraan Gender pada Lembaga Pendidikan Islam

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Ramah Gender; Telaah Pemikiran Etin Anwar Tentang Kesetaraan Gender pada Lembaga Pendidikan Islam
 
Creator Syaifudin, Mochamad
 
Subject Pendidikan Ramah Gender
Etin Anwar
Lembaga Pendidikan Islam
 
Description Dalam dunia Pendidikan isu kesetaraan gender terutama pada Lembaga Pendidikan Islam masih relevan diperpincangkan. Penggunaan istilah ustadz, ustadzah, pak guru bu guru, siswa dan siswi, merupakan konsep awal pelabelan yang darinya peran dalam ruang public mulai dibedakan, bukan karena pertimbangan kompetensi tetapi lebih dominan disebabkan faktor perbedaan jenis kelamin, yang merupakan pemberian dari Tuhan. Etin Anwar menawarkan agar paradigma gender hirerarkis dirubah menjadi paradigma kesetaraan gender, sehingga dari sini pembagian peran terutama di ruang publik dalam hal ini Lembaga Pendididan Islam terdistribusi secara proporsional sehingga pembagian peran itu bukan lagi semata didasarkan pada perbedaan jenis kelamin yang sudah diberikan oleh Tuhan tapi berdasarkan kompetensi yang diusahakan yang bersangkutan. Dengan ini penempatan seseorang pada peran tertentu sangat sesuai dan kredibel.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2021-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/128
 
Source QUDWATUNA; Vol 4 No 1 (2021): Maret; 54-73
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/128/110
 
Rights Copyright (c) 2021 QUDWATUNA