Record Details

Implementasi Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di SMP Jati Agung Wage Taman Kabupaten Sidoarjo

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Di SMP Jati Agung Wage Taman Kabupaten Sidoarjo
 
Creator Wahyu Dwi Jayanti, Anny
 
Subject Role Playing
SKI
Prestasi Belajar
 
Description Pada proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di SMP Jati Agung banyak siswa yang kurang aktif, ini ditunjukkan dengan sedikitnya siswa yang mau bertanya, berpendapat maupun mencatat poin-poin yang disampaikan dalam pembelajaran, siswa yang selalu bersikap pasif dan apatis dalam proses pembelajaran, daya serap pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang kurang, banyaknya siswa yang tidak bersemangat bahkan mereka tidak tahu materi apa yang disampaikan oleh guru. Agar proses belajar mengajar dapat efektif dan efesien  diperlukan adanya metode-metode pembelajaran yang sekiranya bisa mendongkrak  keaktifan para peserta didik, maka dari itu diperlukan metode yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, adapun metode yang dimaksud disini adalah role playing. Dengan adanya kejadian dan kenyataan yang ada dalam tulisan ini, akan dibahas tentang: Bagaimana cara meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran SKI Kelas VII SMP Jati Agung?, Bagaimana kelebihan dan kelemahan dari metode role playing? dan  Bagaimana hasil dari penerapan metode role playing? Dalam metode penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini melalui data primer dan data sekunder, dengan proses pengumpulan data teknik sampling, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan keikutsertaan, kekuatan pengamatan, dan triangulasi. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah tahapan pra lapangan, tahap memasuki lapangan, tahapan pengumpulan data dan tahapan penyelesaian (laporan). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa hasil dari penerapan metode role playing di SMP Jati Agung menunjukan adanya peningkatan yang sangat signifikan dibuktikan dengan meningkatnya semangat belajar siswa.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/108
 
Source QUDWATUNA; Vol 3 No 2 (2020): September; 124-145
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/108/91
 
Rights Copyright (c) 2020 QUDWATUNA