Pembelajaran Unsur Bahasa (Studi Analisis Konten Buku Bahasa Arab Kelas V MI)
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembelajaran Unsur Bahasa (Studi Analisis Konten Buku Bahasa Arab Kelas V MI)
|
|
Creator |
Syaifudin, Mochamad
|
|
Subject |
pembelajaran
unsur bahasa buku bahasa Arab kelas V MI |
|
Description |
Unsur bahasa menjadi materi dasar, karena itu ketika pembelajar tidak menguasinya, maka pembelajar akan mengalami kesulitan mematangkan keterampilan berbahasa yang beragam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran ketiga unsur tersebut. Adapaun buku yang dipilih sebagai objek adalah buku pembelajaran bahasa Arab kelas V MI yang diterbitkan oleh Kementerian Agama tahun 2020. Buku ini dalam setiap awal pelajaran, disajikan peta konsep yang berisi empat kegiatan. Pertama, berisi penyajian teks, kosakata dan pola kalimat, menyimak teks. Kedua, memahami teks dan menganalis teks. Ketiga, demonstrasi ungkapan secara kolektif (kalam/kitabah). Keempat, demontrasi ungkapan secara individual (kalam/kitabah). Dari hasil kajian dalam buku ini, diambil kesimpulan bahawa pertama, untuk pembelajaran suara, maka guru haruslah menjadi model yang mengucapkan suara secara benar walaupun tidak sama persis dengan penutur asli. Untuk mempermudah pembelajaran itu, maka disajikan dalam kegiatan 3 yang berisi mengandung demonstrasi ungkapan secara kolektif berupa latihan verbal (maupun non-verbal yang komunikatif berupa; tanya jawab berpasangan dan dialog sederhana dengan tujuan untuk memberi motivasi peserta didik untuk memproduksi bahasa secara kolektif. Kedua, pembelajaran kosa kata dengan menyajikan teks dalam bentuk dialog atau bacaan disajikan dengan media gambar dengan tujuan memperjelas arti kata, kemudian latihan mufradat difungsikan sebagai pendalaman materi dan evaluasi terhadap mufradat setiap tema dalam kegiatan 1. Ketiga, pembelajaran tata bahasa kalimat merupakan tatabahasa fungsional dalam konteks kalimat, dipaparkan dalam bentuk induksi maupun deduksi. Kegiatan itu juga dipadukan kegiatan lain yang tidak secara khusus mengajarkan ketiga unsur bahasa.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2020-03-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/93
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Islam; 71-88
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/93/79
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 QUDWATUNA
|
|