Pengembangan Intelektual, Emosional dan Spiritual Mahasiswa di Institut Agama Islam Al-khoziny Buduran Sidoarjo
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Intelektual, Emosional dan Spiritual Mahasiswa di Institut Agama Islam Al-khoziny Buduran Sidoarjo
|
|
Creator |
Sudirman
|
|
Subject |
Pengembangan Intelektual
Emosi dan Spiritual |
|
Description |
Kondisi obyektif tingkat intelektual mahasiswa IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo adalah baik. Untuk meningkatkan kecerdasan intelektual dilakukan dengan memaksimalkan program-program baik yang dianjurkan oleh Rektor IAI maupun mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa dianggap tuntas dalam setiap program akademik maupun program organisasi, ini dibuktikan dengan data capaian akademik yang baik dengan kelulusan tepat waktu. Kondisi obyektif tingkat emosi mahasiswa IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo juga baik. Untuk meningkatkan kecerdasan emosi dengan cara memperhatikan keberagamaan mahasiswa dengan pendekatan proses pembelajaran yang sesuai dengan tipikal belajar mahasiswa, membangkitkan empati dan simpati mahasiswa, pemberian stimulus, motivasi dan dorongan bagi mahasiswa yang tidak berhasil, pengkondisian suasana belajar yang menyenangkan serta menampung dan memfasilitasi keberagaman mahasiswa. Kondisi obyektif tingkat spiritual mahasiswa IAI Al-Khoziny adalah baik. Rektor IAI Al-Khoziny berpendapat : Untuk meningkatkan kecerdasan spiritual telah diberikan pengertian bahwa menuntut ilmu di kampus adalah menjalankan amanah dan amanah itu harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt dan memberikan penyadaran dan pengertian bahwa manusia mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi. Proses operasional Rektor IAI dalam mengembangkan perkembangan IQ, EQ, dan SQ mahasiswa Rektor IAI Al-Khoziny, tertuang dalam program-program yang dimilikinya. Untuk pelaksanaan program mengembangkan IQ, EQ, dan SQ Rektor IAI mengintegrasikan ketiga komponen IQ, EQ, dan SQ, sehingga seluruh aktivitas mahasiswa di kampus adalah pembelajaran dan kegiatan mahasiswa, akan dipantau dalam agenda kegiatan setiap harinya. Tingkat keberhasilan dan kegagalan, bakat dan prestasi akademik dan non akademik, permasalahan yang timbul pada diri mahasiswa akan dicari jalan keluarnya melalui motivasi dan pemahaman suatu masalah.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2019-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/84
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 2 No 1 (2019): Maret; 1-24
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/84/69
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/84/70 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 QUDWATUNA
|
|