Record Details

Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia
 
Creator Syahid, Nur
 
Subject transformasi
pendidikan Islam
 
Description Pendidikan Islam hingga kini dirasakan masih berada dalam posisi problematik antara determinisme historis dan realisme praktis. Di satu sisi, pendidikan Islam belum sepenuhnya bisa keluar dari idealisasi kejayaan pemikiran dan peradaban Islam masa lampau yang hegemonik. Sementara di sisi lain, ia juga dipaksa untuk mau menerima tuntutan-tuntutan masa kini, khususnya yang datang dari Barat, dengan orientasi yang sangat praktis. Dalam dataran historis empiris, kenyataan tersebut sering kali menimbulkan dualisme dan polarisasi sistem pendidikan di tengah-tengah masyarakat muslim sehingga agenda transformasi sosial yang digulirkan seakan berfungsi hanya sekedar “tambal sulam” saja. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila di satu sisi kita masih saja mendapati tampilan “sistem pendidikan Islam” yang sangat tradisional karena tetap memakai “baju lama” (the old fashion), sementara di sisi lain kita juga mendapatkan “sistem pendidikan Islam” yang materialistik dan sekularistik. Dalam hal ini, pemikiran kekinian berupaya melakukan penelusuran historis filosofis dari bangunan pendidikan Islam, khususnya pada beberapa puluh tahun terakhir, melalui analisis kritis atas kaitan organik struktur dasar epistemologi dominan, konstelasi budaya, dan tradisi pemikiran Islam dengan pendidikannya di masa itu, serta implikasi transmisi historisnya pada pendidikan Islam Indonesia dewasa ini.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2020-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/76
 
Source QUDWATUNA; Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Islam; 55-70
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/76/61
 
Rights Copyright (c) 2020 QUDWATUNA