Record Details

Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah; Komponen, Aspek dan Pendekatan

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah; Komponen, Aspek dan Pendekatan
 
Creator Khozainul Khoiriyah, Iin
Miftachur Roziqin, Muchammad
Kurnia Ulfa, Widya
 
Subject Kurikulum
Pesantren
Madrasah
 
Description Istilah pengembangan kurikulum kerap dikaitkan dengan lembaga pendidikan umum seperti sekolah atau perguruan tinggi. Tidak banyak penelitian yang meneliti terkait pengembangan kurikulum di pesantren dan madrasah. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis pengembangan kurikulum pesantren dan madrasah yang hingga saat ini terus terjadi. Dengan data pustaka, penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia, pondok pesantren sudah menunjukkan keberhasilan dalam menjaga eksistensi diri. Sejak zaman sebelum merdeka sampai orde reformasi, pesantren semakin diakui keberadaannya dalam perundang-undangan Indonesia, terutama terkait pendidikan. Kedua, pengembangan kurikulum di madrasah menggunakan berbagai pendekatan yakni; pendekatan pendekatan subyek akademis, pendekatan humanistis, pendekatan teknologis, dan pendekatan rekosntruksi sosial. Penulis berargumen bahwa baik pesantren atau madrasah mengembangkan kurikulumnya simultan dengan perkembangan zaman. Hanya saja, pengembangan kurikulum pesantren ditentukan oleh kiai sebagai pemimpin tunggal dan figur sentral. Sementara madrasah memiliki kecenderungan untuk memadukan kurikulum pesantren dan pendidikan secara umum. Sebagai rekomendasi, penulis menyarankan agar konsep pengembangan kurikulum pesantren dan madrasah perlu memadukan beragam kecerdasan seperti IQ (intelligent quotient), EQ (emotional quotient), CQ (creativity quotient), dan SQ (spiritual quotient). Beragam kecerdasan tersebut harus ditransmisikan ke dalam kurikulum pesantren dan madrasah secara holistik, dinamis dan berkelanjutan.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2020-10-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74
 
Source QUDWATUNA; Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Islam; 25-46
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74/59
 
Rights Copyright (c) 2020 QUDWATUNA