Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah; Komponen, Aspek dan Pendekatan
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Kurikulum Pesantren dan Madrasah; Komponen, Aspek dan Pendekatan
|
|
Creator |
Khozainul Khoiriyah, Iin
Miftachur Roziqin, Muchammad Kurnia Ulfa, Widya |
|
Subject |
Kurikulum
Pesantren Madrasah |
|
Description |
Istilah pengembangan kurikulum kerap dikaitkan dengan lembaga pendidikan umum seperti sekolah atau perguruan tinggi. Tidak banyak penelitian yang meneliti terkait pengembangan kurikulum di pesantren dan madrasah. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis pengembangan kurikulum pesantren dan madrasah yang hingga saat ini terus terjadi. Dengan data pustaka, penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia, pondok pesantren sudah menunjukkan keberhasilan dalam menjaga eksistensi diri. Sejak zaman sebelum merdeka sampai orde reformasi, pesantren semakin diakui keberadaannya dalam perundang-undangan Indonesia, terutama terkait pendidikan. Kedua, pengembangan kurikulum di madrasah menggunakan berbagai pendekatan yakni; pendekatan pendekatan subyek akademis, pendekatan humanistis, pendekatan teknologis, dan pendekatan rekosntruksi sosial. Penulis berargumen bahwa baik pesantren atau madrasah mengembangkan kurikulumnya simultan dengan perkembangan zaman. Hanya saja, pengembangan kurikulum pesantren ditentukan oleh kiai sebagai pemimpin tunggal dan figur sentral. Sementara madrasah memiliki kecenderungan untuk memadukan kurikulum pesantren dan pendidikan secara umum. Sebagai rekomendasi, penulis menyarankan agar konsep pengembangan kurikulum pesantren dan madrasah perlu memadukan beragam kecerdasan seperti IQ (intelligent quotient), EQ (emotional quotient), CQ (creativity quotient), dan SQ (spiritual quotient). Beragam kecerdasan tersebut harus ditransmisikan ke dalam kurikulum pesantren dan madrasah secara holistik, dinamis dan berkelanjutan.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2020-10-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Islam; 25-46
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/74/59
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 QUDWATUNA
|
|