Pemanfaatan Media Busy Binder untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemanfaatan Media Busy Binder untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya
|
|
Creator |
Sari, Tungga Purnama
|
|
Subject |
media busy binder
kemampuan berhitung permulaan anak usia dini |
|
Description |
Kemampuan berhitung permulaan ialah kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya. Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B yaitu membilang (mengenal konsep bilangan dengan menunjuk benda-benda) sampai 20, mengenal lambang bilangan 1-20 (menyebutkan dan menunjuk lambang bilangan 1-20), dan memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20. Mengetahui tentang kenyataan di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya bahwa terdapat 10 anak usia dini kelompok B yang kemampuan berhitung permulaannya masih kurang maka diperlukan pembelajaran dengan media busy binder. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu pertama, untuk mengkaji kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya. Kedua, untuk menganalisis pemanfaatan media busy binder terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen, sebab penelitian ini menggunakan perlakuan guna mempengaruhi subyek penelitian dengan anggapan akan terjadi suatu perubahan. Pendekatan penelitain ini adalah kuantitatif karena penelitian ini untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan menggunakan analisis statistik dalam mengolah data. Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experimental design jenis one group pre test post test design. Dalam desain penelitian jenis ini akan ada pre test dan post test sehingga hasil pelakuan dapat diketahui dengan lebih signifikan karena dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Penelitian dilakukan selama bulan September-Oktober 2019, kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya mengalami peningkatan dalam hal membilang (mengenal konsep bilangan dengan menunjuk benda-benda) sampai 20, mengenal lambang bilangan 1-20 (menyebutkan dan menunjuk lambang bilangan 1-20), dan memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20. Media busy binder memiliki manfaat yang signifikan terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2019-09-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/23
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 2 No 2 (2019): September; 198-216
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/23/20
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 QUDWATUNA
|
|