Media Belajar Kartu Huruf untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca
QUDWATUNA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Media Belajar Kartu Huruf untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca
|
|
Creator |
Bisri, Nur Lailyanna
|
|
Subject |
Kesulitan belajar membaca
kartu huruf motivasi |
|
Description |
Membaca merupakan sebuah proses yang dilakukan serta digunakan pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis melalui media bahasa tangan. Kesulitan belajar membaca pada siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah terlihat jelas dari menurunnya kinerja akademik dan prestasi belajarnya. Kesulitan belajar membaca dapat dibuktikan dengan munculnya kelainan perilaku siswa seperti kesukaannya mengganggu atau mengusik temannya, sering tidak masuk sekolah, gagap dalam hal membaca atau dalam berkomunikasi, dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research), dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana asesmen yang telah dilakukan oleh guru terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca. Sebelum menentukan kesulitan belajar membaca yang dialami peserta didik, guru melakukan diagnosis dan asesmen sebelumnya. Hasil diagnosis dan asesmen yang diperoleh peneliti merupakan hasil dari observasi terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, nilai UAS, nilai ulangan harian dan wawancara terhadap wali kelas yang bersangkutan, dan kepala sekolah. Treatment yang diberikan oleh guru yaitu menggunakan media belajar kartu huruf. Penggunaan media belajar kartu huruf memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi membaca peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca. Dengan mengoptimalkan penggunaan media belajar kartu huruf serta dengan adanya asesmen untuk mengetahui sampai di mana kemampuan membaca peserta didik kelas I yang mengalami kesulitan belajar membaca sudah dapat diminimalisir, selain itu penggunaan media belajar kartu huruf juga dapat meningkatkan motivasi belajar membaca peserta didik. Dengan penggunaan media belajar kartu huruf, siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca menjadi termotivasi untuk mulai belajar membaca dan belajar memahami sesuatu yang dibacanya. Alasan tersebutlah yang menjadikan peserta didik menjadi semangat untuk lebih giat belajar membaca, karena peserta didik tersebut ingin nilai dan prestasi di sekolahnya meningkat bahkan ada yang ingin menjadi rangking pertama. Mereka beranggapan bahea pembelajaran dengan media belajar kartu huruf itu menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai ulangan harian peserta didik, sebelum diterapkannya media belajar kartu huruf rata – rata nilai ulangan harian peserta didik sebanyak 28.5, setelah diterapkannya penggunaan media belajar kartu huruf rata – rata siswa naik menjadi 71,5.
|
|
Publisher |
QUDWATUNA
|
|
Date |
2019-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/20
|
|
Source |
QUDWATUNA; Vol 2 No 2 (2019): September; 162-174
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/20/17
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 QUDWATUNA
|
|