Record Details

Relasi Guru – Murid; Kajian Kitab Adab al-Alim wa al-Muta'allim KH. Hasyim Asy'ari

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Relasi Guru – Murid; Kajian Kitab Adab al-Alim wa al-Muta'allim KH. Hasyim Asy'ari
 
Creator Syaifudin, Mochamad
 
Subject relasi guru-murid
KH. Hasyim Asy'ari
Adab al-'Alim wa al-Muta'allim
 
Description banyaknya wali murid yang melaporkan guru kepada pihak berwajib karena memberikan hukuman kepada anaknya, ditambah lagi dengan tindak kekerasan wali murid kepada guru atau tindak kekerasan itu dilakukan siswa sendiri kepada guru bahkan hingga berujung kematian, membuat masyarakat bertanya bagaimana seharusnya pola relasi antara guru dan murid. Mengapa semua itu tidak terjadi pada zaman mereka adakah yang salah dalam relasi guru-murid jaman sekarang. Demikian pertanyaan yang muncul di masyarakat. Karena itu tulisan ini akan mengangkat tema relasi guru-murid dengan harapan setelah mengetahui relasi itu, maka hal-hal di atas tidak akan terulang pada tempat dan waktu lain. Tulisan ini mengangkat pemikiran KH. Hasyim Asy'ari dalam bukunya, Adab al-Alim wa al-Muta'allim, tentang relasi guru murid. Dari hasil kajian, disimpulkan bahwa derajat seorang guru sangat mulia sehingga harus tetap dihormati oleh seorang siswa bahkan ketika guru dalam kondisi yang tidak ideal baik secara kompetensi maupun sikap perilaku keseharian, siswa harus tetap menghormati. KH. Hasyim Asy'ari juga mensyaratkan banyak hal yang harus dipenuhi sebelum seseorang menjadi guru. Penghormatan kepada guru didapat ketika guru sudah memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan KH. Hasyim Asy'ari.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2018-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/14
 
Source QUDWATUNA; Vol 1 No 1 (2018): Maret ; 74-86
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/14/13
 
Rights Copyright (c) 2018 Mochamad Syaifudin