Record Details

Keterpaduan dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas I di Sekolah Dasar Surabaya

QUDWATUNA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Keterpaduan dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas I di Sekolah Dasar Surabaya
 
Creator Khamidah, Nur
 
Subject keterpaduan
perangkat pembelajaran
tematik terpadu
Kurikulum 2013
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterpaduan dalam pembelajaran Kurikulum 2013 kelas I di SD Surabaya. Penelitian ini memiliki tiga fokus analisis, yaitu: (1) keterpaduan dalam perangkat pembelajaran, (2) keterpaduan antarperangkat pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas. Penelitian dilaksanakan di tiga sekolah sasaran Kurikulum 2013 yakni SDN Banyu Urip VIII/522 Surabaya, SD Khadijah Surabaya, SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya. Hasil penelitian dari fokus pertama menunjukkan bahwa guru telah mampu menyusun perencanaan pembelajaran berupa RPP dan lembar evalusi secara terpadu dengan tingkat keterpaduan 3.32. Pada fokus kedua guru dinyatakan mampu menciptakan keterpaduan antarperangkat pembelajaran dengan tingkat keterpaduan 3.00. Sedangkan hasil penelitian ketiga bahwa proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dinyatakan baik dengan skor 2.94. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas I Sekolah Dasar di Surabaya telah terpadu dan terlaksana dengan baik.
 
Publisher QUDWATUNA
 
Date 2018-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/13
 
Source QUDWATUNA; Vol 1 No 1 (2018): Maret ; 56-73
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/13/12
 
Rights Copyright (c) 2018 Nur Khamidah