Record Details

Tadarruj dan Tikrar Terhadap Evaluasi Pembelajaran Tartil al-Qur’an Dalam Perspektif Kitab Muqaddimah Ibn Khaldun

Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tadarruj dan Tikrar Terhadap Evaluasi Pembelajaran Tartil al-Qur’an Dalam Perspektif Kitab Muqaddimah Ibn Khaldun
Tadarruj dan Tikrar Terhadap Evaluasi Pembelajaran Tartil al-Qur’an Dalam Perspektif Kitab Muqaddimah Ibn Khaldun
 
Creator PS, Alaika M Bagus Kurnia
Aliah, Nelud Darajaatul
 
Subject tadarruj
tikrar
evaluasi pembelajaran
tartil quran
 
Description This study aims to examine more deeply the evaluation of the ideal tartil al-Quran learning in Ibn Khaldun's view. This study uses a qualitative descriptive method using a phenomenological approach. The data collection techniques use observation data, interviews and related references. The data analysis technique also uses four stages, namely data reduction, data classification by structuring several points of analysis related to the conclusion of the analysis. As for the results of this study, (1) only some teachers implemented the tikrar concept. (2) Whereas the tadarruj at Khadijah Middle School was well systematic
Penelitian ini bertujuan sebagai letak keberlangsungan evaluasi pembelajaran Tarti>l al-Qur’a>n yang ideal dalam kitab Muqaddimah karya Ibn Khaldun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan mengambil beberapa data observasi, wawancara serta referensi terkait dengan objek di program tarti>l al-Qur’a>n di SMP Khadijah Surabaya. Adapun hasil dari penelitian ini, lembaga pendidikan, orang tua wali murid serta guru perlu memahami bersama tentang ketuntasan belajar Al-Qur’an berdasarkan waktu yang tidak singkat serta tim penguji memiliki peranan penting dalam memberikan rekomendasi atas naik atau turun kelasnya peserta didik berdasarkan kualitas membaca Al-Qur’annya. Sehingga kualitas membaca Al-Qur’an baik dari segi fas}oh}ah}, mura>’at al-H{uru>f adalah tujuan pembelajaran tarti>l al-Qur’a>n yang sesungguhnya (tidak ditinjau dari kelancaran dan ke-khataman belaka).
 
Publisher LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
 
Date 2021-03-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Articles
Articles
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/4093
10.35309/alinsyiroh.v7i1.4093
 
Source Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 7 No 1 (2021): Maret; 44-57
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 7 No. 1 (2021): Maret; 44-57
2656-6680
2477-4928
10.35309/alinsyiroh.v7i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/4093/3073
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman