Record Details

Pembaharuan Sistem Pendidikan di Pesantren

Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembaharuan Sistem Pendidikan di Pesantren
Pembaharuan Sistem Pendidikan di Pesantren
 
Creator Fuady, Ahmad Syauqi
 
Subject Pembaharuan, Pendidikan, Pondok Pesantren.
Pembaharuan, Pendidikan, Pondok Pesantren.
 
Description Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan asli (indigenous) Indonesia. Eksistensi pondok pesantren tidak bisa dilepaskan dari adaptasi dan pembaharuan yang dilakukandengan berpedoman “Al muhafadzah ‘ala al qadim al shalih, wa al akhdzu bi al jadid al ashlah.”Tetap memegang tradisi yang positif, dan mengimbangi dengan mengambil hal-hal baru yang positif. Respons pondok pesantren terhadap perubahan dan dinamika zaman berbeda-beda. Umumnya perubahan dalam pondok pesantren berlangsung dalam tahapan yang pelan dan sukar diamati. Kyai memegang peran penting dalam proses pembaharuan dalam kehidupan pondok pesantren. Secara umum, para kyai mengambil sikap yang lapang dada dalam menyelenggarakan modernisasi lembaga-lembaga pesantren di tengah-tengah perubahan masyarakat Jawa, tanpa meninggalkan aspek-aspek positif daripada sistem pendidikan Islam tradisional. Setidaknya ada empat level pembaharuan dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia, termasuk pesantren di dalamnya. Pertama, level kelembagaan. Kedua, level substansi isi kurikulumnya. Ketiga, level metodologis. Keempat, level fungsi. Dari keempat level pembaharuan tersebut, yang terjadi adalah pembaharuan pada level kelembagaan, kurikulum, dan metodologi pengajaran. Sementara pembaharuan terhadap fungsi pondok pesantren jarang sekali terjadi. Artinya pondok pesantren tetap menjadi lembaga pendidikan keagamaan sebagai tempat untuk transfer ilmu-ilmu keagamaan, mencetak ulama dan ahli agama yang tafaqquh fiddin dan mampu mengkader insan yang mutafaqquh fiddin
Pondok pesantren is an Indonesian original religious education institution. The existence of Islamic boarding schools cannot be separated fromthe adaptation and renewal that is carried out by referring to "Al muhafadzah 'ala al qadim al shalih, wa al akhdzu bi al jadid al ashlah."The response of pondok pesantren to the changes and dynamics of the times varies. Generally, changes in Islamic boarding schools take place in stages that are slow and hard to observe. Kyai plays an important role in the process of renewal in the life of pondok pesantren. In general, the kyai took an open stance in carrying out the modernization of pondok pesantren institutions in the midst of changes in Javanese society, without leaving the positive aspects of the traditional Islamic education system. There are at least four levels of renewal in the Islamic education system in Indonesia, including pondok pesantren in it. First, the institutional level.Second, the level of substance of the curriculum content.Third, methodological level.Fourth, function level. Of the four levels of renewal, what happens is renewal at the institutional, curriculum and teaching methodology level. While renewal of the function of pondok pesantren is very rare. This means that the pondok pesantren continues to be a religious education institution as a place for the transfer of religious sciences, printing religious scholars and religious experts who are tafaqquh fiddinand capable of cadre of mutafaqquh fiddin.
 
Publisher LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
 
Date 2020-03-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Articles
Articles
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3819
10.35309/alinsyiroh.v6i1.3819
 
Source Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 6 No 1 (2020): Maret; 101-114
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 6 No. 1 (2020): Maret; 101-114
2656-6680
2477-4928
10.35309/alinsyiroh.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3819/2764
 
Rights Copyright (c) 2020 Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman