Guru PAI dalam Memgembangkan Kecerdasan Spiritual di SMP Diponegoro Dampit Malang
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Guru PAI dalam Memgembangkan Kecerdasan Spiritual di SMP Diponegoro Dampit Malang
Guru PAI dalam Memgembangkan Kecerdasan Spiritual di SMP Diponegoro Dampit Malang |
|
Creator |
Achadah, Alif
|
|
Subject |
Kecerdasan Spiritual, pembiasaan dan ekstrakulikuler keagamaan
Kecerdasan Spiritual, pembiasaan dan ekstrakulikuler keagamaan |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang upaya yang di lakukan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaankeagamaan yang ada pada sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah kepalah sekolah, guru PAI dan juga siswa. Pengumpulan data yang di lakukan saat penelitian adalah dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data di lakukan penulis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data dan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Dari hasil penelitian menunjukkan beberapa upaya guru dengan cara adanya pembiasaan seperti: 1. Istighosa setiap hari sebelum jam KBM. 2. Senin baca yasin, 3. Jum’at sholat dhuha. 4. Praktek sholat. 5. Kegiatan ektrakulikuler keagamaan: baca al-qur’an, sholawat al-banjari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang upaya yang di lakukan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui pembiasaankeagamaan yang ada pada sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah kepalah sekolah, guru PAI dan juga siswa. Pengumpulan data yang di lakukan saat penelitian adalah dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data di lakukan penulis dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data dan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Dari hasil penelitian menunjukkan beberapa upaya guru dengan cara adanya pembiasaan seperti: 1. Istighosa setiap hari sebelum jam KBM. 2. Senin baca yasin, 3. Jum’at sholat dhuha. 4. Praktek sholat. 5. Kegiatan ektrakulikuler keagamaan: baca al-qur’an, sholawat al-banjari |
|
Publisher |
LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
|
|
Date |
2020-03-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Articles Articles |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3816
10.35309/alinsyiroh.v6i1.3816 |
|
Source |
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 6 No 1 (2020): Maret; 57-69
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 6 No. 1 (2020): Maret; 57-69 2656-6680 2477-4928 10.35309/alinsyiroh.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3816/2761
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman
|
|