Record Details

Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah

Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah
Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah
 
Creator Amin, Mat
 
Subject profesi, paedagogik, sidiknas
profesi, paedagogik, sidiknas
 
Description Selama ini kurikulum dianggap penentu keberhasilan pendidikan, oleh sebab itu perhatian para guru, dosen, kepala sekolah dan semua praktisi pendidikan terkonsentrasi pada kurikulum. Sebenarnya kurikulum itu bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, karena tanpa ditopang oleh pihak lain ia tidak akan bisa berbuat banyak.Sebagai salah satu pihak yang menjalankan tujuan kurikulum guru harus mempunyai wewenang mengajar berdasarkan kualifikasi sebagai tenaga pengajar. Sebagai tenaga pengajar, setiap guru harus memiliki kemampuan profesional dalam bidang proses belajar mengajar atau pembelajaran. Termasuk juga guru pendidikan agama Islam. Hal-hal yang berhungungan dengan masalah guru, seperti profesi, kode etik, tugas-tugas guru dan kompetensi guru sangat urgen diketahui oleh seorang guru agar bisa melaksanakan tujuan kurikulum dan tujuan pengembangan kurikulum dari waktu kewaktu dengan baik
Selama ini kurikulum dianggap penentu keberhasilan pendidikan, oleh sebab itu perhatian para guru, dosen, kepala sekolah dan semua praktisi pendidikan terkonsentrasi pada kurikulum. Sebenarnya kurikulum itu bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, karena tanpa ditopang oleh pihak lain ia tidak akan bisa berbuat banyak.Sebagai salah satu pihak yang menjalankan tujuan kurikulum guru harus mempunyai wewenang mengajar berdasarkan kualifikasi sebagai tenaga pengajar. Sebagai tenaga pengajar, setiap guru harus memiliki kemampuan profesional dalam bidang proses belajar mengajar atau pembelajaran. Termasuk juga guru pendidikan agama Islam. Hal-hal yang berhungungan dengan masalah guru, seperti profesi, kode etik, tugas-tugas guru dan kompetensi guru sangat urgen diketahui oleh seorang guru agar bisa melaksanakan tujuan kurikulum dan tujuan pengembangan kurikulum dari waktu kewaktu dengan baik
 
Publisher LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
 
Date 2018-10-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Articles
Articles
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3324
10.35309/alinsyiroh.v2i2.3324
 
Source Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 2 No 2 (2018): September; 101-114
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 2 No. 2 (2018): September; 101-114
2656-6680
2477-4928
10.35309/alinsyiroh.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3324/2458