Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah
Urgensi Kompetensi Guru sebagai Pelaksana Kurikulum di Sekolah |
|
Creator |
Amin, Mat
|
|
Subject |
profesi, paedagogik, sidiknas
profesi, paedagogik, sidiknas |
|
Description |
Selama ini kurikulum dianggap penentu keberhasilan pendidikan, oleh sebab itu perhatian para guru, dosen, kepala sekolah dan semua praktisi pendidikan terkonsentrasi pada kurikulum. Sebenarnya kurikulum itu bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, karena tanpa ditopang oleh pihak lain ia tidak akan bisa berbuat banyak.Sebagai salah satu pihak yang menjalankan tujuan kurikulum guru harus mempunyai wewenang mengajar berdasarkan kualifikasi sebagai tenaga pengajar. Sebagai tenaga pengajar, setiap guru harus memiliki kemampuan profesional dalam bidang proses belajar mengajar atau pembelajaran. Termasuk juga guru pendidikan agama Islam. Hal-hal yang berhungungan dengan masalah guru, seperti profesi, kode etik, tugas-tugas guru dan kompetensi guru sangat urgen diketahui oleh seorang guru agar bisa melaksanakan tujuan kurikulum dan tujuan pengembangan kurikulum dari waktu kewaktu dengan baik
Selama ini kurikulum dianggap penentu keberhasilan pendidikan, oleh sebab itu perhatian para guru, dosen, kepala sekolah dan semua praktisi pendidikan terkonsentrasi pada kurikulum. Sebenarnya kurikulum itu bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, karena tanpa ditopang oleh pihak lain ia tidak akan bisa berbuat banyak.Sebagai salah satu pihak yang menjalankan tujuan kurikulum guru harus mempunyai wewenang mengajar berdasarkan kualifikasi sebagai tenaga pengajar. Sebagai tenaga pengajar, setiap guru harus memiliki kemampuan profesional dalam bidang proses belajar mengajar atau pembelajaran. Termasuk juga guru pendidikan agama Islam. Hal-hal yang berhungungan dengan masalah guru, seperti profesi, kode etik, tugas-tugas guru dan kompetensi guru sangat urgen diketahui oleh seorang guru agar bisa melaksanakan tujuan kurikulum dan tujuan pengembangan kurikulum dari waktu kewaktu dengan baik |
|
Publisher |
LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
|
|
Date |
2018-10-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Articles Articles |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3324
10.35309/alinsyiroh.v2i2.3324 |
|
Source |
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 2 No 2 (2018): September; 101-114
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 2 No. 2 (2018): September; 101-114 2656-6680 2477-4928 10.35309/alinsyiroh.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3324/2458
|
|