Record Details

Membangun Aktualiasi Pembelajaran dengan Teori Kecerdasan Majemuk

Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Membangun Aktualiasi Pembelajaran dengan Teori Kecerdasan Majemuk
Membangun Aktualiasi Pembelajaran dengan Teori Kecerdasan Majemuk
 
Creator Holili, Holili
 
Subject intrapersonal, naturalis Intelligence Quotient Multiple Intelligences
intrapersonal, naturalis Intelligence Quotient Multiple Intelligences
 
Description Kecerdasan atau intelejensi seseorang ada atau dibawa sejak dia dilahirkan. Akan tetapi perkembangan intelegensi itu didapatkan seseorang seiring perkembangannya dalam kehidupan. Inteligensi atau kecerdasan selama ini sering diartikan sebagai kemampuan memahami sesuatu dan kemampuan berpendapat, di mana  semakin cerdas seseorang maka semakin cepat ia memahami suatu permasalahan dan semakin cepat pula mengambil langkah penyelesaiannya Dalam hal ini, kecerdasan dipahami sebagai kemampuan intelektual yang  lebih menekankan logika dalam memecahkan masalah. Kecerdasan seseorang biasanya diukur melalui tes  Intelligence Quotient  (IQ)  Pada tulisanini dipaparkan Tentang teori belajar pada segmentasi teori kecerdasan majmuk yang di lontarkan oleh Howard Gardner untuk menunjukkan bahwa pada dasarnya manusia itu memilik banyak kecerdasan, tidak hanya sebatas IQ seperti yang dikenal selama ini.  Menurut Gardner, sedikitnya ada sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yaitu kecerdasan linguistik, matematis-logis, ruang-visual (spasial), kinestetik-badani, musikal, interpersonal, dan intrapersonal,  naturalis  dan  kecerdasan eksistensial.
Kecerdasan atau intelejensi seseorang ada atau dibawa sejak dia dilahirkan. Akan tetapi perkembangan intelegensi itu didapatkan seseorang seiring perkembangannya dalam kehidupan. Inteligensi atau kecerdasan selama ini sering diartikan sebagai kemampuan memahami sesuatu dan kemampuan berpendapat, di mana  semakin cerdas seseorang maka semakin cepat ia memahami suatu permasalahan dan semakin cepat pula mengambil langkah penyelesaiannya Dalam hal ini, kecerdasan dipahami sebagai kemampuan intelektual yang  lebih menekankan logika dalam memecahkan masalah. Kecerdasan seseorang biasanya diukur melalui tes  Intelligence Quotient  (IQ)  Pada tulisanini dipaparkan Tentang teori belajar pada segmentasi teori kecerdasan majmuk yang di lontarkan oleh Howard Gardner untuk menunjukkan bahwa pada dasarnya manusia itu memilik banyak kecerdasan, tidak hanya sebatas IQ seperti yang dikenal selama ini.  Menurut Gardner, sedikitnya ada sembilan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yaitu kecerdasan linguistik, matematis-logis, ruang-visual (spasial), kinestetik-badani, musikal, interpersonal, dan intrapersonal,  naturalis  dan  kecerdasan eksistensial.
 
Publisher LP3M STAI Darul Hikmah Bangkalan
 
Date 2018-10-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Articles
Articles
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3322
10.35309/alinsyiroh.v2i2.3322
 
Source Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol 2 No 2 (2018): September; 65-83
Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 2 No. 2 (2018): September; 65-83
2656-6680
2477-4928
10.35309/alinsyiroh.v2i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/3322/2463