Record Details

PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

At-Turost : Journal of Islamic Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
 
Creator Samsuri, Suriadi adi
 
Description Pelaksanaan pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler serta kegiatan keseharian di rumah dan masyarakat. Pada konteks yang sama, secara lebih luas perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dirumuskan melalui tiga program, yaitu: program pengembangan diri; pengintegrasian dalam mata pelajaran; dan budaya sekolah. Dari program tersebut, terdapat beberapa aspek yang mesti diperhatikan dalam proses pelaksanaannya. 1) Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengukir karakter (akhlak) melalui proses knowing the good, loving the good, acting or doing the good yaitu proses melibatkan aspek kognitif, emosi dan fisik sehingga akhlak mulia bisa terukir menjadi habit of the mind, heart dan hands. Merupakan proses yang dilakukan untuk membentuk kepribadian peserta didik menuju perilaku-perilaku tertentu yang diharapkan sehingga menjadi kebiasaan tertanam dalam kehidupannya, 2) Pendidikan karakter maupun pengembangan kurikulum berbasis karakter pada prinsipnya memiliki landasan yang cukup jelas, baik ditinjau dari landasan preskriptif (ideal) maupun deskriptif (logis-empiris), 3) Pengembangan kurikulum berbasis karakter setidaknya memiliki dua makna, yakni kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, pengembangan kurikulum berbasis karakter meliputi internalisasi nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler serta kegiatan keseharian dalam masyarakat. Secara kualitatif, semua peristiwa baik di sekolah atau di masyarakat yang memberikan pengaruh pada perubahan kepribadian meliputi sikap, pengetahuan dan pengalaman subyek didik ke arah yang lebih baik.
 
Publisher STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
 
Date 2022-03-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/92
10.52491/at.v9i1.92
 
Source At-Turost : Journal of Islamic Studies; Vol 9 No 1 (2022): Februari 2022; 86-111
2581-1622
2086-3179
10.52491/at.v9i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/92/72
 
Rights Copyright (c) 2022 At-Turost : Journal of Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0