Record Details

Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Problem Based Learning

At-Turost : Journal of Islamic Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Problem Based Learning
 
Creator arifurrahman, arifurrahman
 
Description Berbagai perkembangan kehidupan yang pesat dengan tantangan yang semakin kompleks telah menuntut agar guru selalu bersifat profesional.oleh karena dalam penelitian ini fokus pada pengembangan bahan ajar pendidikan agamaislam dengan pendekatan problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development). Hasil dari penelitian ini : Berdasarkan proses pengembangan dan hasil validasi terhadap bahan ajar berupa buku ajar Pendidikan Agam Islam kelas XI dapat disimpulkan sebagai berikut: Pelaksanaan pengembangan bahan ajar berupa buku ajar Pendidikan Agam Islam kelas XI SMA dikembangkan dalam empat tahap, yakni : 1) Melakukan penggalian berbagai informasi tentang potensi dan masalah, 2) setelah potensi masalah dapat ditunjukkan secara faktual dan uptodate selanjutnya mengumpulkan data, 3) merancang dan mengembangkan produk awal dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar dan unsur-unsur bahan ajar, 4) validasi produk oleh tim ahli. Hasil pengembangan ini dapat dijadikan acuan dan rujukan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMA semester satu. Desain pengembangan yang dilakukan telah menghasilkan satu produk Buku ajar Pendidikan Agama Islam.
 
Publisher STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
 
Date 2021-10-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/85
10.52491/at.v8i1.85
 
Source At-Turost : Journal of Islamic Studies; Vol 8 No 1 (2021): Februari 2021; 145-158
2581-1622
2086-3179
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/85/63
 
Rights Copyright (c) 2021 At-Turost : Journal of Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0