Record Details

Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

At-Turost : Journal of Islamic Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
 
Creator baihaki, imam
 
Description Penggunaan model pembelajaran pada proses pembelajaran merupakan hal yang utama. Ketika guru didalam kelas pada pembelajaran PAI tidak dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif maka ini berdampak pada hasil pembelajaran siswa yang menurun. Maka dari itu penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif, seperti model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diterapkan di SMA Ibrahimy Sukorejo dengan subjek sebanyak 30 siswa di kelas X. Desain penelitian didasarkan pada desain hopkins yang melalui empat tahapan yaitu observasi, perencanaan, penerapan, refleksi. Untuk memperoleh data penelitian maka peneliti menggunakan instrumen tes objektif pilihan gandak, observasi dan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu 65,5% sebelum penelitian 95,5% setelahnya. Dimasukkannya studi ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
 
Publisher STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
 
Date 2020-11-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/48
10.52491/at.v6i2.48
 
Source At-Turost : Journal of Islamic Studies; Vol 6 No 2 (2019): Agustus 2019; 181-187
2581-1622
2086-3179
 
Language ind
 
Relation http://ejurnal.stainh.ac.id/index.php/jurnal/article/view/48/32
 
Rights Copyright (c) 2020 At-Turost : Journal of Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0