EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2018-2019
Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2018-2019
|
|
Creator |
Fauzan, Ahmad Hasim
Mashuri, Imam |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dimana ada 2 kelas yang akan diteliti, 1 kelas sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan 1 kelas akan menjadi kelas non uji coba (kontrol), dengan analisis siswa kelas VIII dan sample yang dilakukan penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dari tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Cara pengambilan data kelas dengan teknik cluster sampling. Data yang diperoleh kemudian dapat diolah dengan menggunakan analisis statistik. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis uji t dua sampel paired t-test dengan bantuan program SPSS For Windows Release 16.0. Diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen pada saat pretest yakni 71,9 dan 71,62 dengan selisih angka 0,28 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen pada saat posttest yakni 74,38 dan 78,38 dengan selisih angka 4. Maka dapat dikatakan adanya penerapan metode Two Stay Two Stray berjalan dengan efektif dan baik dibuktikan dengan nilai hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen. Angka ttabel dengan df sebesar 33 adalah 2,03452, sehingga thitung lebih besar dari ttabel , maka dapat dikatakan Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray hasil belajar siswa dapat efektif, metode kooperatif Two Stay Two Stray selain dapat memberikan keefektifan hasil belajar, dapat pula membuat siswa semakin kompak disetiap kelompoknya, sehingga siswa kelas eksperimen (VIII D) di SMP Negeri 1 Genteng dapat memenuhi nilai KKM.
|
|
Publisher |
LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
|
|
Date |
2020-02-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
text/rtf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/303
10.29062/tarbiyatuna.v4i1.303 |
|
Source |
Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam; Vol 4 No 1 (2020): (Februari 2020); 001-017
2622-1942 2597-4807 10.29062/tarbiyatuna.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/303/278
|
|