Record Details

EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2018-2019

Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2018-2019
 
Creator Fauzan, Ahmad Hasim
Mashuri, Imam
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dimana ada 2 kelas yang akan diteliti, 1 kelas sebagai kelas uji coba (eksperimen) dan 1 kelas akan menjadi kelas non uji coba (kontrol), dengan analisis siswa kelas VIII dan sample yang dilakukan penelitian ini adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dari tes, wawancara, observasi, dokumentasi. Cara pengambilan data kelas dengan teknik cluster sampling. Data yang diperoleh kemudian dapat diolah dengan menggunakan analisis statistik. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis uji t dua sampel paired t-test dengan bantuan program SPSS For Windows Release 16.0. Diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen pada saat pretest yakni 71,9 dan 71,62 dengan selisih angka 0,28 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen pada saat posttest yakni 74,38 dan 78,38 dengan selisih angka 4. Maka dapat dikatakan adanya penerapan metode Two Stay Two Stray berjalan dengan efektif dan baik dibuktikan  dengan nilai hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen. Angka ttabel dengan df sebesar 33 adalah 2,03452, sehingga thitung lebih besar dari ttabel , maka dapat dikatakan  Ho ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode kooperatif tipe Two Stay Two Stray hasil belajar siswa dapat efektif, metode kooperatif Two Stay Two Stray selain dapat memberikan keefektifan hasil belajar, dapat pula membuat siswa semakin kompak disetiap kelompoknya, sehingga siswa kelas eksperimen (VIII D) di SMP Negeri 1 Genteng dapat memenuhi nilai KKM.
 
Publisher LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
 
Date 2020-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format text/rtf
 
Identifier https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/303
10.29062/tarbiyatuna.v4i1.303
 
Source Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam; Vol 4 No 1 (2020): (Februari 2020); 001-017
2622-1942
2597-4807
10.29062/tarbiyatuna.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/303/278