Record Details

PEMBELAJARAN Al-QUR’AN ANTI RADIKALISME DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH

Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN Al-QUR’AN ANTI RADIKALISME DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH
 
Creator afandi, irfan
 
Description Problem Radikalisme berbasis agama, di Indonesia menjadi problem serius yang memerlukan pemecahan secara tepat dan cepat. Doktrin radikal bukan hanya telah tersebar di kalangan dewasa tetapi sudah merayap secara senyap di lingkungan pelajar. Tahun 2011, Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian (LaKIP) merilis hasil survey bahwa 48,9% siswa di Jakarta menyatakan kesediaan untuk ikut dalam aksi kekerasan yang berkaitan dengan masalah moral atau isu-isu keagamaan sedangn 63% di antara bersedia mengikuti penyegelan tempat Ibadah. Pada Tahun 2017, Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), merilis survey bahwa generasi Z (anak yang lahir antara tahun 1995-2005), 37.71% di antaranya memandang jihad/qital atau perang itu adalah perang melawan non-Muslim. 23.35 % pelajar memandang bom bunuh diri itu bagian dari jihad Islam; 34.03 % di antaranya sepakat bahwa Muslim yang murtad harus dibunuh; sedang 33,34 % berpendapat bahwa intoleran terhadap minoritas adalah tindakan yang tidak menjadi masalah. Hasil survey ini memperlihatkan bahwa kalangan muda usia pelajar telah banyak yang terpapar radikalisme. Hal ini sangat mengkhawatirkan sebab pelajar adalah masa depan sebuah bangsa.
 
Publisher LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi
 
Date 2020-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format text/rtf
 
Identifier https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/296
10.29062/tarbiyatuna.v4i1.296
 
Source Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam; Vol 4 No 1 (2020): (Februari 2020); 034-047
2622-1942
2597-4807
10.29062/tarbiyatuna.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/296/280