Record Details

Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang

Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang
Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang
 
Creator Eko Hidayatulloh, Shofwatal Qolbiyyah, Adibah,
 
Subject Student Interests, Teacher Teaching Style, Islamic Religious Education
Minat Belajar Siswa, Gaya Mengajar Guru, Pendidikan Agama Islam
 
Description This study aims to determine the effect of the teacher's teaching style on students' interest in learning in PAI subjects at SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang. The independent variable in this study is the teacher's teaching style (X) and the dependent variable is the student's interest in learning (Y).
This study uses a quantitative approach and the type of research is causality. The sample consisted of 30 students consisting of all classes IV-B. The teacher's teaching style data was obtained from the questionnaire distribution and the PAI learning interest data was taken from the distribution of student questionnaires for the 2020/2021 Academic Year. Technical analysis of the data using product moment correlation.
From the results of the analysis with SPSS version 20, the correlation coefficient value is 0.283 with a significant value of 0.129. Because the significance > 0.05 then Ho is accepted and Ha is rejected. This means that there is no influence of the teacher's teaching style on students' interest in learning in Islamic Religious Education subjects at SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang.
Keywords        :  Student Interests, Teacher Teaching Style, Islamic Religious Education
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajara guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya mengajar guru (X) dan variabel terikat adalah minat belajar siswa (Y).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya bersifat causalitas. Sampel berjumlah 30 siswa yang terdiri dari semua kelas IV-B. Data gaya mengajar guru didapat dari penyebaran angket dan data minat belajar PAI di ambil dari dari penyebaran angket siswa Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknis analisis datanya menggunakan korelasi product moment.
Dari hasil analisis dengan SPSS versi 20 diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,283 dengan signifikan sebesar 0,129. Karena signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Mancilan 1 Mojoagung Jombang.
Kata kunci   : Minat Belajar Siswa, Gaya Mengajar Guru, Pendidikan Agama Islam
 
Publisher Fakultas Agama Islam Universitas Darul 'Ulum Jombang
 
Date 2021-12-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4588
10.32492/sumbula.v6i2.4588
 
Source Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol. 6 No. 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 275-297
Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; Vol 6 No 2 (2021): Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya; 275-297
2548-3900
2528-2867
10.32492/sumbula.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/4588/3293
 
Rights Copyright (c) 2021 Shofwatal Qolbiyyah, Adibah, Eko Hidayatulloh (Author)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0